Dukung Program Pelayanan Kesehatan, Warga Diminta Perhatikan Data Kependudukan

Minggu, 18 Desember 2022 / 19.12

Wakil Ketua DPRD Medan H Rajudin Sagala menyosialisasikan produk hukum daerah Kota Medan Perda Nomor 4 Tahun 2021 Tentang Sistem Kesehatan Kota Medan. (ft-istimewa)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Wakil Ketua DPRD Kota Medan, H.Rajudin Sagala S.Pd.I mengingatkan masyarakat Kota Medan untuk memperhatikan dokumen kependudukan masing-masing. Warga juga diharapkan pro aktif jika memiliki masalah-masalah dokumen kependudukan, hal ini sangat penting karena banyak diantaranya program-program pemerintah untuk masyarakat memerlukan data valid.

"Dalam kesempatan ini saya mengingatkan kepada warga semua agar benar-benar memperhatikan data kependudukan masing-masing. Hari ini didapati banyak persoalan di lapangan  warga mengalami penolakan karena data kependudukannya tidak online atau tidak aktif," kata Rajudin dalam acara sosialisasi Produk Hukum Daerah ke-12 Tahu 2022, Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Kota Medan yang dilaksanakan di sejumlah lokasi di Kota Medan diantaranya di Sei Silau Melintang I Kel. Merdeka Medan Baru, Jalan. Mesjid Lk. 7, Kel. Cinta Damai Kec. Medan Helvetia, Jalan. Sekata/Karsa Ujung Lk. XII Kel. Karang Berombak Medan Barat,  Jalan Mawar 12 Kel. Helvetia Tengah Kec. Medan Helvetia, Sabtu-Ahad (17-18/12/2022).

Begitu juga dengan program-program yang berkaitan dengan kesehatan, masyarakat juga diingatkan untuk benar-benar memperhatikan data-data tersebut. "Kita tidak mau mendapati ada masyarakat ditolak berobat karena masalah data kependudukan yang tidak lengkap atau tidak aktif dan sebagainya," kata Rajudin.

Politisi Dapil I Kota Medan ini menyarankan warga yang memiliki keluangan waktu, bisa mendatangi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil), bagi warga yang juga memungkinkan tidak memiliki waktu, pihaknya akan membantu melakukan advokasinya. "Jadi silahkan saja, bagi yang punya waktu bisa datang ke kantor dinas langsung, bagi yang tidak kami (PKS) akan membantu warga yang benar-benar membutuhkan bantuan,"katanya.

Kedepan, pihaknya mengharpakan program-program pelayanan kesehatan di Kota Medan tidak ditemukan lagi kasus terkait persoalan datang kependudukan. "Jadi saya mengingatkan,  kepada warga Kota Medan untuk benar-benar memperhatikan data kependudukannya," harapnya lagi.

Diakui H.Rajudin sampai saat ini masih ditemukan adanya NIK Kartu Keluarga tidak aktif, begitu juga dengan KTP."Jadi mari sama-sama agar kedepan Kota Medan ini lebih baik lagi, dan PKS akan memberikan dukungan dan bantuan kepada masyarakat dalam mewujudkan lahirnya pelayanan kesehatan yang baik," pungkasnya. (mar)

Komentar Anda

Terkini