LPTNU Akan Gelar Rakernas di Medan, Konsolidasi dan Rumuskan Peningkatan Mutu Pendidikan NU

Selasa, 14 Februari 2023 / 05.07

Rakernas LPT-PBNU yang akan digelar pada 8 - 10 Maret 2023 di Hotel Santika Premiere Dyandra Medan. (ft-humas) 

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Lembaga Pendidikan Tinggi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LPT-PBNU) akan melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas)  pada 8-10 Maret 2023 di Hotel Santika Premiere Dyandra Medan.

“Rakernas tersebut merupakan momentum besar LPT-PBNU dengan menghadirkan tokoh-tokoh penting, seperti Wakil Presiden  Prof Dr (HC) KH Ma’ruf Amin, Ketua Umum PBNU, KH Dr (HC) Yahya Cholil Staquf,” kata Ketua LPTNU Prof KH. Ainun Na’im PhD dalam Keterangan tertulis, Senin (13/2/2023).

Hadir juga nantinya pada rakernas itu Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim BA MBA, Menteri Agama, H. Yaqut Cholil Qoumas, ratusan profesor, rektor dan akademisi dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta serta perguruan tinggi keagamaan Islam.

Kemudian juga akan dihadiri seluruh perguruan tinggi di bawah naungan PBNU baik yang berbentuk perkumpulan maupun yayasan, praktisi industri, para alim Ulama dan masyarakat Nahdliyin permerhati pendidikan tinggi.

Rakernas yang berlangsung di Hotel Santika ini membawa tema penting sekaligus menyongsong Nahdlatul Ulama memasuki abad ke-dua yaitu “Merawat Jagat, Membangun Peradaban dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.”

Prof KH. Ainun Na’im menyebutkan, tema ini menjadi topik penting dalam melihat bagaimana peran Nahdlatul Ulama di abad keduanya dapat mensinergikan ilmu agama dan ilmu pengetahuan serta didukung teknologi dalam merawat alam semesta dan membangung peradaban terutama bagi masyarakat Nahdliyin dan seluruh masyarakat Indonesia.

Tidak hanya itu, katanya dalam agenda acara juga terdapat kegiatan seminar nasional yang akan membahas isu-isu penting berkaitan dengan peran industri terhadap pendidikan, pengelolaan pembiayaan  pendidikan, dan materi dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi maupun Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Terdapat dua kegiatan rapat kerja komisi yang pertama fokus membahas kurikulum pendidikan moderasi beragama dan Aswaja serta pengembangan SDM, Riset, dan teknologi di lingkungan Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU), dan Komisi yang kedua fokus membahas tata kelola, kerjasama, peraturan organisasi dan perencanaan strategis dan program kerja di PTNU.

“Besarnya kegiatan Rakernas LPT-PBNU 2023 diharapkan dapat memberi dampak besar tidak hanya bagi masyarakat Nahdliyim akan tetapi dapat berdampak pada peningkatan SDM bangsa Indonesia,” ujar Prof KH. Ainun Na’im.

Karena itu, peran serta dukungan dari berbagai kalangan sangat diharapkan dalam mensukses kegiatan ini. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Rakernas LPTNU ini, bisa langsung mengakses usu.ac.id. (vera)

Komentar Anda

Terkini