Ribuan Masyarakat Hadiri Persemayaman YM Bhikkhu Jinadhammo Mahathera

Sabtu, 04 Februari 2023 / 20.36

Ribuan orang mengiringi keberangkatan jenazah YM Bikkhu Jidhammo Mahathera (foto) untuk dikremasi, Sabtu (4/2/2023). (ft-ist)

MEDAN, KLIKMETRO.COM -  Ribuan masyarakat menghadiri keberangkatan jenazah dan kremasi jenazah Yang Mulia Bhikkhu Jinadhammo Mahathera, di Komplek MMTC, Sabtu (4/2/2023).

Sejak sepekan lalu, pasca wafatnya sesepuh Sangha Agung Indonesia, tak hanya kalangan umat Budha menyampaikan dukacita dan belasungkawa. Namun para pejabat juga berdatangan menyampaikan dukacita. Termasuk Ketua DPRD Medan Hasyim SE.

Amatan wartawan, Sabtu (4/2/2023), prosesi pemakaman dimulai dari Vihara Borobudur dan mendapat kawalan ketat dari berbagai pihak. Diantaranya TNI, Polri, dishub, Satpol PP serta puluhan Bikkhu dari berbagai vihara dari berbagai daerah, termasuk Medan dan Aceh.


Sementara Panitia Pema kaman yang hadir mulai dari pagi telah standby di Komplek Perumahan MMTC. Terlihat pengunjung juga sabar menunggu di tempat yang telah disiapkan panitia.

Pembakaran serta abu YM Bhikkhu Jinadhammo Mahathera dikremasi dan ditempatkan di areal yang telah disiapkan.

Meskipun lokasi dipenuhi ribuan orang, namun terlihat tertib. Hal itu karena semua pihak ikut terlibat. Mulai dari pemuda, ormas, pemerinahan desa, kepolisian baik Polrestabes mau pun Polsek Percut, TNI baik Kodim dan Koramil untuk mengatur para pengunjung disana, sehingga acara berjalan lancar dan kondusif.

Disela sela acara berlangsung, tim awak media sambangi tokoh masyarakat Junaidi yang akrab disapa Jonkey mengatakan pihaknya bersama Panitia jauh hari sebelumnya sudah membuat persiapan matang.

"Kita juga melibatkan berbagai pihak baik Pemerintahan Desa maupun Kecamatan, bahkan kita sudah menggelar rapat panitia untuk pelaksanaan ini sekitar sepe kan lebih," sebut Jonkey yang juga Ketua PAC Pemuda Pancasila (PP) Kecamatan Percut Sei Tuan. (lbs) 
Komentar Anda

Terkini