RSUD Pirngadi Medan Beri Penyuluhan Konjungtivitas kepada Keluarga Pasien

Minggu, 12 Maret 2023 / 22.20

Kegiatan Instalasi Promosi Kesehatan RSUD Dr. Pirngadi bersama SMF Mata memberikan penyuluhan tentang konjungtivitas kepada pengunjung di Poliklinik Mata. (ft-ist)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Kegiatan Instalasi Promosi Kesehatan RSUD Dr. Pirngadi bersama SMF Mata memberikan penyuluhan tentang konjungtivitas kepada pengunjung di Poliklinik Mata, Rabu (22/2/2023).

Konjungtivitis merupakan peradangan pada konjungtiva mata/selaput bening mata bagian depan. "Konjungtivitis dapat disebabkan oleh adanya proses infeksi, iritasi fisik, atau respon alergi," kata salah satu dokter spesialis mata Dr. Zaldi, Sp.M.

Disebutkannya, gejala yang tampak pada penderita dapat berupa mata merah, kelopak mata bengkak, gatal, mata berair dan adanya belekan.

"Pertolongan pertama yang dapat diberikan adalah kompres air hangat lebih kurang 20 menit, tidak menggosok mata yang sakit, bersihkan kotoran di mata dengan air hangat, bersihkan mata dengan air mengalir yang bersih secara perlahan dengan membuka kelopak mata, jangan sekali-kali memberi obat tetes mata yang jual bebas," pesannya.

Dia juga meminta masyarakat untuk segera ke dokter bila mata merah dan infeksinya tidak mengalami perbaikan dalam waktu 3 hari dan bila kondisi mata memburuk. "Segera ke dokter jika dalam waktu 3 hari tidak ada perbaikan," katanya. (sit)

Komentar Anda

Terkini