dr Susanti Temui JCH di Asrama Haji Sekaligus Melepas Keberangkatan Menuju Tanah Suci

Selasa, 30 Mei 2023 / 17.03

Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani mengunjungi jamaah calon haji di Asrama Haji Medan sekaligus melepas keberangkatan menuju Tanah Suci. (ft-kominfo pematang siantar)

PEMATANG SIANTAR, KLIKMETRO.COM - Sebagai wali kota yang peduli dengan para Jamaah Calon Haji (JCH), dr Susanti Dewayani SpA menemui mereka di Aula Madinatul Hujjaj Asrama Haji Pangkalan Masyur Medan, sekaligus Melepas keberangkatan menuju Tanah Suci, Selasa (30/05/2023) pagi.

JCH Kota Pematang Siantar yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 7 bersama JCH kota Medan,dan  Pakpak Bharat dengan jumlah JCH 356 orang, telah diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional Kualanamu.

Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA yang hadir bersama Ketua Dekranasda H Kusma Erizal Ginting H dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pihak penyelenggara yang dari tahun ke tahun terus meningkatkan pelayanan, sehingga pada kesempatan ini JCH mendapatkan kemudahan. 

"Dengan demikian Jamaah Calon Haji dapat menjalankan ibadah haji dengan khusyuk dan Insya Allah mendapat keberkahan," tutur dokter spesialis anak itu.

Pada kesempatan tersebut, mantan Direktur RSUD dr Djasamen Saragih Pematang Siantar itu berpesan kepada JCH untuk tetap menjaga kesehatan dan stamina. 

"Saat ini, di Arab Saudi suhu sekitar 37-38 derajat Celcius. Kondisinya cukup panas. Sehingga harus minum air putih yang cukup," imbau dr Susanti.  

Dengan fisik yang kuat, lanjutnya, Insya Allah para JCH dapat menjalankan Ibadah semaksimal mungkin. 

Wali kota perempuan pertama di Kota Pematang Siantar ini juga meminta kepada para JCH untuk memperhatikan pola makan. 

"Di sana tersaji makanan beraneka ragam, untuk itu diminta agar menjaga pola makan," ujarnya.

Masih kata alumni Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) itu, dirinya akan selalu memonitor dan memantau perkembangan para JCH sehingga dapat beribadah dan menjadi haji/hajjah mabrur/mabruroh.

"Sekali lagi kami sampaikan, selamat beribadah haji. Insya Allah berangkat dengan sehat, pulangnya juga sehat dan selamat," kata dr Susanti. 

Tidak lupa, dr Susanti juga meminta kepada para JCH agar ketika tiba di Tanah Suci, bermohon untuk kebaikan negara Indonesia, dan Kota Pematang Siantar khususnya.

"Semoga Negara Indonesia, khususnya daerah kita tetap diberkati oleh Allah SWT. Dijauhkan dari segala bencana dan perpecahan," tukasnya. 

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Utara H Ahmad Qosbi dalam sambutannya meminta kepada para petugas diminta untuk sungguh-sungguh melayani tamu-tamu Allah.

"Sehingga semua jamaah, baik itu dari Kota Pematang Siantar, dari Medan, maupun Pakpak Bharat, tidak kita bedakan," sebutnya. 

Ahmad Qosbi berharap, kepada para JCH kloter 7 untuk tetap menjaga kesehatan dan selalu kompak dan akur.

"Saling tolong-menolong, dan dukung- mendukung," tutupnya. 

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan pataka bendera merah putih oleh dr Susanti kepada Ketua Kloter 7.

Saat dr Susanti melepas keberangkatan JCH, tidak sedikit JCH, khususnya kaum ibu yang meneteskan air mata. 

Para petugas Kloter 07 yakni Luhut Ritonga, HM Zuhri Pulungan, dr Henny Evianti Purba, Lilis Rahmadani, Surya Darma, Lahiri Amri G Hasibuan, Syari Aldi Saragih, dan Mukhlis SAg.

Hadir pada kesempatan ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Medan Dr H Impun Siregar MA, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pematang Siantar Drs HM Hasbi MH, Kepala Kantor Kementerian Agama Pakpak Bharat Drs Syafrizal Bancin MM, Kepala UPT Asrama Haji Medan Ramlan Sudarto, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Johannes Sihombing SSTP MSi, serta Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kota Pematang Siantar Arri Sembiring. (pes)

Komentar Anda

Terkini