Warga Ingin Sungai Bersih dari Sampah, Rajudin Sagala : Perlu Komitmen Kita Bersama

Minggu, 26 Mei 2024 / 13.09

Wakil Ketua DPRD Medan H.Rajudin Sagala, S.Pd saat menyampaikan materi sosialisasi produk hukum daerah ke V tahun anggaran 2024, Perda No.6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan di Kota Medan yang dilaksanakan di sejumlah lokasi, Sabtu-Ahad (25-26/5/2024). (ft-ist)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Pengelolaan sampah di Kota Medan yang saat ini masih terus dicari formulasinya untuk bisa benar-benar bermanfaat. Untuk itulah dalam menyelesaikan permasalahan sampah di Kota Medan saat ini, perlu komitmen dan tanggungjawab bersama, yakni seluruh warga masyarakat Kota Medan dan Pemerintah.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Medan H.Rajudin Sagala, S.Pd saat menyampaikan materi sosialisasi produk hukum daerah ke V tahun anggaran 2024, Peraturan daerah (Perda) No.6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan di Kota Medan yang dilaksanakan di sejumlah lokasi diantaranya, di Jalan K.L. Yos Sudarso Lk. 2 Kel. P. Brayan Kota Kecamatan Medan Barat, Jalan Kertas No. 78 Kel. Sei Putih Barat Kec. Medan Petisah, Jalan Karya Gg. Swadaya Kel. Karang Berombak Kec. Medan Barat dan Jalan Balai Desa Kel. Helvetia Kec. Medan Helvetia, Sabtu-Ahad (25-26/5/2024).

"Dalam mewujudkan terciptanya lingkungan yang bebas sampah, perlu komitmen kita bersama terutama soal kesadaran warga,"kata Rajudin saat menjawab pertanyaan warga soal buruknya Sungai Sikambing yang penuh dengan sampah.

Politisi PKS Kota Medan ini mengatakan, dalam menyelesaikan persoalan sampah perlu adanya kesatupaduan antara Pemerintah dan warga, maka mustahil persoalan sampah di Kota Medan bisa terselesaikan sekalipun Kota Medan memiliki peraturan dalam pengelolaan sampah.

“Intinya perlu kesungguhan Pemerintah, kemudian kesadaran masyarakat. Insya Allah persoalan sampah di Kota Medan ini bisa tuntas,” katanya.

Terkait kenaikan tarif retribusi sampah yang dikeluhkan warga, H.Rajudin Sagala mengatakan pihaknya berkomitmen untuk bersama masyarakat. "PKS berkomitmen memperjuangkan apa yang diharapkan masyarakat, salah satunya terkait kenaikan tarif retribusi sampah. Kita sepakat untuk tidak menaikan tarif retribusi sampah," katanya.

Sementara itu dalam kesempatan tersebut, Rita warga di Jalan Kertas mengharapkan kondisi lingkungan seperti sungai Sikambing bisa bersih dan terbebas dari sampah. "Untuk Sungai Sikambing kami sangat berharap bisa bersih seperti pada saat Wali Kota Medan pak Abdillah," katanya.

Tidak hanya itu, warga juga mengharapkan Pemko Medan untuk kembali menurunkan tarif retribusi sampah mengingat saat ini warga merasa terbebani. "Tingginya tarif retribusi sampah sangat memberatkan kami, kami mohon bisa diturunkan kembali," katanya. (mar)

Komentar Anda

Terkini