-->

Pemko Medan Tawarkan 2 Aset Dikelola Pihak Ketiga Kembali

Selasa, 02 Juni 2020 / 21.13


Plt Walikota Medan Ir Akhyar Nasution meninjau Hotel Soechi.
MEDAN, KLIKMETRO - Dalam upaya menggeliatkan kembali perekonomian menyusul pandemo Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang menerpa, Pemko Medan membuka peluang bagi pihak ketiga yang ingin mengontrak atau memanfaatkan aset yang dimilikinya. Hanya saja pihak ketiga yang berminat, mereka harus mengikuti seluruh mekanisme dan aturan  yang berlaku.
Ada dua aset milik Pemko Medan yang ditawarkan untuk dikelola pihak ketiga yakni Medan Mall Jalan MT Haryono dan Hotel Soechi  Medan Jalan Cirebon. Penawaran kedua aset tersebut dilakukan setelah kontrak dengan pihak ketiga selama ini yang dilakukan melalui mekanisme BOT (Build Operate Transfer) akan berakhir tahun ini.
“Kita memberikan kesempatan kepada banyak pihak untuk mengontrak atau mengelola aset milik Pemko Medan. Yang penting mereka harus mengikuti mekanisme dan aturan yang telah ditetapkan Pemko Medan,” kata Akhyar ketika meninjau Hotel Soechi Medan, Selasa (2/6/2020).
Kedatangan Akhyar diterima Arif dan William, mewakili pihak Hotel Soechi Medan. Akhyar mengakui, pandemi Covid-19 menyebabkan tidak sedikit hotel di Kota Medan yang menghentikan sementara operasionalnya. Selain minimnya tamu, penutupan sementara dilakukan sebagai upaya untuk menghemat cost (biaya) yang harus dikeluarkan. Oleh karenanya Akhyar pun berharap agar pandemi Covid-19 segera berakhir kembali sehingga bisnis perhotelan kembali berjalan lancar.
Kepada Plt Walikota Medan, Arif menjelaskan meski hotel tak beroperasi karena sepi, tapi pihaknya juga harus mengeluarkan biaya untuk menggaji sekitar 20 orang guna menjaga hotel berlantai 12 dengan memiliki 267 kamar tersebut. “Walaupun tutup kami harus mengeluarkan biaya sekitar Rp.100 juta lebih untuk membayar gaji kepada 20 orang tersebut,” jelas Arif.
Selanjutnya Akhyar menjelaskan, peninjauan yang dilakukan untuk melihat kondisi Hotel Soechi Medan yang merupakan aset Pemko Medan. Dikatakan Akhyar, Hotel Soechi dan Medan Mall merupakan aset Pemko Medan yang selama ini dikontrakkan kepada pihak ketiga dengan sistem BOT. Tahun ini imbuhnya, kontraknya dengan Pemko Medan berakhir dan akan kembali menjadi aset Pemko Medan. (rel)
Komentar Anda

Terkini