-->

Kurang Dukungan Partai, Soekirman-Rian Terancam Gagal Bertarung di Pilkada Sergai

Jumat, 04 September 2020 / 23.24
Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Serdang Bedagai, Soekirman dan Tengku Ryan mendaftar ke KPUD Serdang Bedagai.
SERGAI, KLIKMETRO - Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Soekirman dan Tengku Muhammad Ryan Novandi terancam tak dapat ikut Pilkada 2020. Pasalnya pasangan ini tak mendapat dukungan Partai Amanat Nasional (PAN), ketika mendaftar ke kantor KPUD Sergai, Jumat (4/9) sore.

Sebelumnya, pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sergai Darma Wijaya dan Adlin Tambunan yang datang mendaftar pagi hari ke KPU, sudah membawa B.1-KWK dari PAN. Namun, Soekirman dan Ryan juga membawa B.1-KWK dari DPP PAN yang dikeluarkan pada 3 September 2020. Menurut informasi, berkas B.1-KWK ditolak oleh sistem. Pasalnya, berkas yang sama sudah sempat dimasukkan oleh KPU ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

"Keadilan harus ditegakkan, hukum harus ditegakkan. KPU itu tugasnya menerima, bukan menentukan siapa yang salah siapa yang benar," ujar Soekirman dengan nada lantang saat keluar dari Kantor KPUD Sergai.

Menurut bupati petahana ini, partai kalau mencalonkan dua pasangan adalah kesalahan. DPP PAN, kata dia, tidak mencalonkan dua calon tapi satu pasangan calon yakni Soekirman dan Ryan.

Kendati kesal dan wajah Soekirman tampak kecewa, namun dia meminta agar pendukungnya tetap santun dan solid.

Informasi yang diperoleh, oekirman-Ryan awalnya hanya mendapat dukungan dari Partai NasDem dan PKS yang hanya 8 kursi. Karena tidak cukup persyaratan, Soekirman-Ryan lalu mencoba lobi DPP PAN agar mendapat rekomendasi dan B.1-KWK. Hingga akhirnya pada 3 September 2020, Soekirman-Ryan pun mendapatkan B.1-KWK yang ditandatangani oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Sekjen Eddy Soeparno.

Untuk diketahui, sebelumnya pasangan Darma Wijaya - Adlin Tambunan (Dambaan) juga melakukan pendaftaran ke KPUD Kabupaten Serdang Bedagai, di Sei Rampah, Jumat (4/9/2020), dengan membawa surat B1KWK DPP PAN untuk maju di pilkada 2020.

Pasangan tersebut diusung partai PDIP, PKB, PPP, partai Gerindra, partai Hanura, partai Demokrat, partai Golkar dan partai PAN. Selain itu didampingi partai pendukung diantaranya partai Perindo, PBB, PSI, partai Gelora.  (*/mo)
Komentar Anda

Terkini