Warga Platina Demo PT Musim Mas, 4 Warga Diamankan

Senin, 05 Oktober 2020 / 23.07

Petugas mengamankan 4 warga dalam aksi unjukrasa di depan pabrik PT Musim Mas.

MEDAN, KLIKMETRO - Puluhan warga yang bermukim di Jalan Platina III, Pasar V Matita, Lingkungan XIV, Kelurahan Titipapan, Kecamatan Medan Deli melakukan aksi unjuk rasa di depan pabrik PT Musim Mas, Senin (5/10/2020). Namun dalam aksi itu, 4 warga diamankan Polres Pelabuhan Belawan.

Aksi demo warga dipicu lantaran wilayah tempat tinggal mereka sering banjir saat hujan turun dan kerap terkena polusi udara. Hal ini terjadi sejak berdirinya pabrik PT Musim Mas di lingkungan mereka.

Meski aksi unjuk rasa berlangsung tertib, namun 4 warga diamankan oleh personil Polres Pelabuhan Belawan karena menghalangi truk yang hendak keluar masuk.

Salah seorang warga Husni, (34), menuturkan, Lingkungan XIV merupakan wilayah pemukiman dan bukan kawasan industri sehingga keberadaan pabrik dan gudang mengurangi resapan air. Akibatnya, kawasan Lingkungan XIV menjadi langganan banjir.

“Hujan sekejap saja, rumah kami terendam banjir,” sebut Husni.

Selain banjir, tambah Husni, polusi udara dari corong pabrik juga membuat anak menderita sesak nafas dan menderita gatal. “Sudah berkali kami melakukan aksi unjuk rasa namun tidak ada mendapat perhatian serius dari pemerintah. Pak lurah saja seperti tak perduli dengan keluhan warganya,” keluhnya.

Amatan wartawan, puluhan warga yang didominasi kaum ibu rumahtangga terlihat berdiri di depan pabrik tanpa membawa spanduk. Sejumlah petugas sekurity terlihat berjaga di pintu masuk dua lokasi pabrik PT Musim Mas.

Saat truk keluar dari pabrik, sejumlah warga menghalangi truk sehingga membuat sejumlah personil Polres Pelabuhan Belawan mengamankan empat warga. Keempat warga tersebut selanjutnya dibawa ke Polres Pelabuhan Belawan. (ent)
 

Komentar Anda

Terkini