BBPKL Medan Siap Lepas 16 Peserta Pelatihan ke Bursa Tenaga Kerja

Selasa, 16 Maret 2021 / 17.24

Kepala BBPKL Medan Muhamad Ali memaparkan hasil pelatihan peserta selama 2 bulan yang mengikuti kelas waiters, cooking, bakery dan pastry.

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan, siap melepas 16 peserta pelatihan yang lulus untuk masuk di bursa kerja maupun usaha mandiri. 

Adapun 16 peserta yang ikut latihan pembinaan dari BBPLK Medan ini, terdiri dari empat kelas. Yakni, Waiters, Cooking, Bakery dan Pastry. 

"Di masa pandemi Covid-19, Kemnaker melalui BBPLK Kota Medan, menempah calon tenaga kerja yang berusia 18 tahun ke atas untuk dibina ikut pelatihan agar bisa ditempatkan di bursa kerja maupun bisa mampu membuka usaha sendiri untuk membantu perekonomian keluarga," ujar Kepala BBPLK Medan, Muhammad Ali didampingi Sub Koordinator Pemberdayaan, Rahmat Siregar dan Ketua Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan Industri (FKLPI) Hasustan Kosim dalam acara join practise kejuruan waiter, cookery dan pastry yang berlangsung di Restoran Swarna Dwipa - BBPLK Medan Jl Gatot Subroto km 7,8 Medan, Selasa (16/3/2021).

Ali menjelaskan, pihaknya menggelar join practise kejuruan waiter, cookery dan pastry dengan mengundang sejumlah jurnalis, untuk menikmati berbagai kuliner hasil dari peserta mengikuti pendidikan selama 2 bulan di BBPKL Medan. "Kita ajak kawan-kawan jurnalis sebagai penikmat kuliner dan memberikan pendapatnya di kegiatan ini,"kata Ali.

Beberapa jurnalis menyampaikan pendapat positif terkait kegiatan ini. Seperti disampaikan Anton, salah seorang jurnalis harian di Medan yang menyebutkan, dari segi pelayanan, penyajian dan masakan sudah sekelas hotel bintang lima. "Ini patut diapreasiasi," kata Anton.

Hal sama juga disampaikan jurnalis lainnya yang menyatakan salut kepada BPPLK, selama 2 bulan pelatihan, peserta sudah mampu menyajikan makanan lezat dan pelayanan berkelas.

Pada kesempatan sama, menjawab pertanyaan jurnalis mengenai rekrutmen peserta, Aisy Lubis, peserta asal Tebingtinggi mengatakan, dirinya mengetahui informasi BBPLK melalui media sosial instagram. Tertarik mengikuti pelatihan ini, dia pun mendaftar secara online dan mengikuti ujian. "Saya mau buka usaha katering, makanya saya ikut pelatihan ini. Saya bersyukur dinyatakan lolos dan bisa ikut pelatihan di sini. Selain saya mendapat fasilitas seperti baju seragam seperti seragam hotel, mendapat sepatu, juga mendapat uang saku sebagai biaya transportasi. Saya daftar melalui online tanpa dipungut biaya," ujarnya.

Ali menambahkan, masyarakat atau calon peserta yang mau ikut pelatihan melakukan pendaftaran secara online. Kemudian dilakukan ujian secara tertulis. Bagi yang lulus ujian tertulis, barulah bisa menjadi peserta yang kemudian bisa ikut pelatihan sesuai kelas yang diinginkan. 

Ali tak memungkiri kalau calon peserta yang berminat ikut pelatihan di BBPLK ini cukup membeludak, ada sekitar 300-an pendaftar. Namun karena kondisi Covid-19 dengan anggaran terbatas, maka pihaknya hanya mampu mengambil 16 peserta. 

Lanjutnya lagi, para peserta pelatihan yang mengikuti kelas pelatihan selama dua bulan tanpa dipungut bayaran ini,  nantinya akan ditempatkan di hotel ataupun di bursa kerja sesuai dengan keterampilan yang sudah mereka miliki. 

Untuk menempatkan peserta pelatihan di bursa kerja, lanjut Ali, pihaknya telah melimpahkan tugas itu ke bagian Fungsional Tenaga Kerja BBPLK. Pihak Fungsional inilah kemudian menyampaikan info lowongan tenaga kerja untuk peserta pelatihan. "Kami bekerja sama dengan berbagai platform pasar kerja. Jadi misalnya ada lowongan di Jakarta, kami menginformasikan kepada peserta pelatihan binaan kami. Meski pandemi Covid-19 belum berakhir dan sektor pariwisata terpuruk, tapi kami tidak menyerah untuk menempah peserta agar mendapatkan peluang kerja di hotel atau bisa membuka usaha sendiri secara  mandiri sesuai keterampilan yang sudah mereka miliki," katanya optimis.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti pelatihan BBPLK Medan, bisa mengikuti media sosial BBPLK Medan di Instagram: @bbplk_medan (https://www.instagram.com/bbplk_medan/) serta facebook di: https://facebook.com/BBPLKMedan. (mar)

Komentar Anda

Terkini