Masyarakat Sumut Diimbau Waspadai Perubahan Cuaca, Berpotensi Bencana Alam

Rabu, 25 Agustus 2021 / 02.14

Wagub Sumut Musa Rajekshah.

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah mengimbau masyarakat waspada dengan adanya potensi bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu akibat perubahan cuaca dan iklim. Seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan lainnya.

Imbauan ini disampaikan Wagub Musa Rajekshah, berdasarkan informasi  dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG), yang mengingatkan adanya potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat dan petir, hujan es dan lainnya.

"Kita harus hati-hati dan waspada, cuaca ekstrem akhir-akhir ini berpotensi mengakibatkan banjir, longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan lain-lain,” ujar Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck, Selasa (24/8/2021), di ruang kerjanya.

Ijeck juga mengingatkan informasi dari BMKG, bahwa pada hari ini, Selasa (24/8) hingga Kamis (26/8) mendatang, bahwa Sumut termasuk wilayah yang akan mengalami kondisi cuaca yang cukup bervariasi.

"Hati-hati, BMKG sudah mengingatkan. Dari tanggal 24 sampai 26 Agustus cuaca di daerah kita akan bervariasi. Sebagian besar akan berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat," katanya.

Sebagai tindak lanjut informasi tersebut, Ijeck memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut untuk sigap mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi. Selain itu, Ijeck   juga meminta BPBD Sumut untuk meningkatkan koordinasi dengan BPBD Kabupaten dan Kota se-Sumut, agar setiap tindakan yang dibutuhkan dapat dipersiapkan secepatnya.

"Saya sudah perintahkan BPBD Provinsi agar bersiaga. Komunikasi dan koordinasi dengan Kabupaten dan Kota harus lebih intens, biar semuanya sudah siap sebelum dibutuhkan. Kita berdoa semoga Tuhan melindungi dan kita tetap dalam kondisi aman,” tambahnya. (rel) 

Komentar Anda

Terkini