-->

Kejar Target, Pemdes Medan Estate Vaksinasi 700 Warga

Kamis, 02 Desember 2021 / 12.25

Kades Medan Estate Asdat Lubis meninjau pelaksanaan vaksinasi covid-19. (f-lubis/klikmetro)

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Mengejar target vaksinasi 70 persen yang dianjurkan pemerintah hingga akhir tahun ini, Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara menggenjot pelaksanaan vaksinasi dan mengintruksikan seluruh desa melaksanakan vaksinasi. Karena hingga saat ini, target tersebut belum tercapai. 

Sekaitan dengan hal ini, Pemerintah Desa Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, mulai mendata warga yang belum melakukan vaksinasi dan mengundang mereka agar ikut pelaksanaan vaksinasi yang digelar di Perumahan Citra Land Boga City, Jalan Pasar V, Medan Estate, Kamis (2/12/2021). 

Pada kegiatan itu, sebanyak 700 warga terdata melaksanakan vaksinasi. Kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat. Pintu masuk maupun pintu keluar dibedakan. Warga yang melaksanakan vaksinasi diharuskan mengenakan masker dan mencuci tangan terlebih dulu. Selanjutnya dilakukan pendataan, kemudian pemeriksaan kesehatan sebelum divaksinasi.

Mencegah terjadinya kerumunan yang sangat rentan terjadi penularan corona virus disease 2019 (covid-19), kegiatan vaksinasi dilaksanakan dalam dua sesi. Sesi pertama digelar sekira pukul 09.00 wib, selanjutnya sesi kedua pukul 14.00 wib.

Kepala Desa Medan Estate Asdat Lubis mengungkapkan, pihaknya terus mendata dan mendatangi rumah-rumah warga melalui perangkat desa dan kepala dusun untuk vaksinasi. Saat ini, 700 warga yang diundang melaksanakan vaksinasi yang gunanya untuk menjaga imunitas tubuh dari penyakit covid-19.

"Kegiatan ini akan terus kami laksanakan sehingga nantinya seluruh warga sudah divaksinasi dan tercapai target 70 persen seperti yang dicanangkan oleh pemerintah. Kita harapkan, dengan dilaksanakannya vaksinasi akan segera tercapai herd immunity untuk kekebalan kelompok dari bahaya virus corona,"jelasnya di sela-sela kegiatan pelaksanaan vaksinasi.

Lanjutnya lagi, pihaknya mengimbau dan mengedukasi masyarakat agar tidak takut divaksinasi demi menjaga kesehatan. "Dengan dilakukannya vaksinasi, warga tidak akan mudah sakit karena imunitas tubuhnya sudah terjaga. Walau pun saat ini Kabupaten Deli Serdang sudah menurun kasus covid dan berada di zona hijau, bukan berarti aman dari virus corona. Tetaplah disiplin prokes, selalu kenakan masker, rajin mencuci tangan dan jaga jarak untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Walau pun sudah divaksin, tetap patuhi prokes,"himbaunya.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari masyarakat sekitar yang sebagian besar merupakan lanjut usia (lansia). Seperti disampaikan Kholik, yang berterimakasih karena vaksinasi digelar tidak jauh dari tempat tinggalnya.

"Kami tidak perlu repot lagi mencari dimana lokasi vaksinasi. Terimakasih kami para orangtua ini yang sudah diperhatikan kesehatannya oleh pemerintah,"kata Kholik.

Sebelumnya, beberapa hari lalu, Kordinator Percepatan Vaksinasi Kecamatan Percut Sei Tuan, Tengku Zaki Aufa SSos MAp menyampaikan instruksi Pemerintah Kabupaten Deli Serdang agar menggenjot percepatan vaksinasi dan meminta seluruh desa melaksanakan kegiatan ini dan berkordinasi dengan petugas tenaga kesehatan (nakes). Hal tersebut disebabkan, target 70 persen vaksinasi belum tercapai hingga saat ini. (lbs)

Komentar Anda

Terkini