-->

Hujan Deras di Kabanjahe, 4 Rumah Tertimpa Tanah Longsor

Selasa, 08 Maret 2022 / 19.37

Akibat hujan deras, 4 rumah di Kabanjahe tertimpa longsor. (f-erwin/kliimetro)

KARO, KLIKMETRO.COM - Tingginya curah hujun di Desa Katepul Gang Jambu Kelurahan Gung Negeri, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Senin (7/3/2022) sekira pukul 19.00 WIB, menyebabkan terjadinya tanah longsor dan menimpa 4 rumah warga.

Keempat Korban pemilik rumah yang tertimpa material tanah longsor, yakni Rudi Andika Lubis (43), Adi Suhendra (33), Junamis Marpaung (46) dan Candra Leoni Malau (36).

Berdasarkan keterangan salah satu korban Adi Suhendra, terjadinya tanah longsor tersebut berawal dari hujan deras yang turun kemarin, kemudian terdengar suara seperti batu mengenai dinding dan pintu dapur rumahnya, dan korban sudah menduga bahwa suara tersebut adalah batu atau tanah karena di belakang rumahnya adalah lahan tebing. Selanjutnya, korban pergi melihat ke belakang dan benar tanah longsor sudah merusak pintu dapur dan masuk ke dapur hingga ruang tamu. Atas kejadian tersebut korban meninggalkan rumahnya menuju rumah orang tuanya untuk mengungsi.

Material tanah longsor masuk ke bagian dalam rumah para korban, mengakibatkan beberapa barang elektronik milik para korban rusak, seperti mesin cuci, kulkas dan pompa air, selain itu bangunan rumah turut juga rusak.

Senada juga diungkapkan oleh Lurah Gung Negeri Josua Purba, atas kejadian tersebut korban meninggalkan rumahnya menuju rumah orang tuanya untuk mengungsi. “Beruntung, tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut, namun kerugian materil ditaksir sebesar Rp. 100.000.000, dan para korban untuk sementara mengungsi ke rumah keluarganya masing masing,” ungkap Lurah Gung Negeri kepada wartawan, dikutip Selasa (8/3/2022).

Sementara itu, Personil Polres Tanah Karo  dipimpinan Waka Polres Tanah Karo Kompol Aron Siahaan SH bersama personil, Selasa sore (8/3/2022) tiba di TKP, dan membantu para korban membersihkan material tanah longsor. Selain itu, satu unit alat berat Dinas PU Karo dikerahkan untuk membersihkan material tanah longsor.

Waka Polres Tanah Karo Kompol Aron Siahaan SH turut berempati atas kejadian yang menimpa para korban. “Kepada masyarakat untuk waspada sehubungan cuaca ekstrim, hati-hati terhadap longsor susulan dan bencana lainnya,” himbau orang nomor 2 di Polres Tanah Karo itu. (erwin)

Komentar Anda

Terkini