-->

Wali Kota Medan Bersama Kecamatan Medan Tuntungan Melakukan Pembenahan TPU Simalingkar B

Jumat, 22 April 2022 / 23.06

Kondisi pemakaman kristen di Simalingkar B yang rusak akibat longsor.(f-ist) 

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Wali Kota Medan Bobby Nasution meminta dinas-dinas terkait segera lakukan pembenahan terhadap Pemakaman Kristen Simalingkar B yang amblas. 

Bobby didampingi Kepala Dinas PU Kota Medan, Kepala BPBD Kota Medan, Kepala Dinas Sosial Kota Medan, Kepala Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Medan serta Camat Medan Tuntungan melakukan peninjauan ke lokasi tersebut. 

Bobby menginstruksikan untuk segera dilakukan pembenahan dan mengantisipasi terjadinya longsor susulan. Tahapan awal yang perlu dilakukan pembenahan atau pun penataan kuburan yang terkena dampak longsor.

Camat Medan Tuntungan  Harry Indrawan Tarigan menjelaskan bahwa hal ini disebabkan karena kenaikan air sungai yang menyebabkan terjadinya erosi pada lapisan tanah di bawah pemakaman tersebut.

Harry meminta kepada Dinas Pertamanan dan Kebersihan (DKP) agar segera lakukan pembenahan terhadap Pemakaman Kristen yang berada di Kelurahan Simalingkar B karena amblas akibat kenaikan air sungai.

"Saya sudah menerima laporan dan video dari warga,Medan tuntungan dimana sebagian pemakaman Kristen B Simalingkar amblas akibat naiknya aliran sungai.Kita sangat prihatin akan hal ini, tapi sangat perlu diperhatikan secepatnya," kata camat  kepada wartawan, Kamis (21/4/2022).

"Saya meminta kepada Dinas Pertamanan dan Kebersihan agar segera menurunkan tim untuk lakukan pembenahan terhadap kuburan tersebut," kata camat.

Dia menambahkan, tahapan awal yang perlu dilakukan pembenahan atau pun penataan kuburan yang terkena dampak longsor terhadap hujan deras. 

Sambungnya lagi, langkah yang perlu dilakukan pemindahan pemakaman.

"Dari video yang saya terima warga ada pemakaman yang amblas dan tulang belulang jenazah telah dipindahkan. Disini seperti yang kita sampaikan selain kordinasi , silahkan dicari tempat pengganti pemakaman yang layak ," kata camat seraya menegaskan dalam pemindahan atau penataan ulang pemakaman tersebut jangan ada dilakukan pengutipan biaya kepada masyarakat.

"Kita ingatkan agar pemindahan pemakaman ini jangan dikutip biaya apa pun. Ini harus menjadi perhatian Walikota Medan Bobby Nasution agar memberikan instruksi langsung," tegasnya. 

Sebelumnya, hal ini diketahui setelah rekaman video longsornya TPU Simalingkar B viral di media sosial. Dalam rekaman tampak sejumlah pemakaman amblas dan masuk ke sungai akibat longaor deras hujan tersebut. (hot)

Komentar Anda

Terkini