-->

Dinilai PHK Semena-mena, Ace Hardware Juanda Medan Didemo Ratusan Pekerja

Selasa, 31 Mei 2022 / 05.55

Ratusan pekerja unjukrasa di depan Gedung Ace Hardware, Jalan Juanda, Medan.(f-ist)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Ratusan pekerja yang tergabung dalam Serikat Buruh Merdeka Indonesia (SBMI) menggelar unjuk rasa di Ace Hardware Jalan Ir. H. Juanda, Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara, Senin (30/5/2022).

Aksi demo itu dipicu terkait Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) semena-mena yang dilakukan PT Ace Hardware terhadap puluhan pekerjanya dan pelanggaran hak normatif.

"Kami mengutuk keras perbuatan PT. Ace Hardware yang telah melakukan PHK semena-mena terhadap para pekerja di PT Ace Hardware," kata Ketua Umum (Ketum) Serikat Buruh Merdeka Indonesia (SBMI).

Selain itu, SBMI menduga bahwa PHK tersebut adalah bagian dari pemberangusan Serikat Pekerja/Buruh (Union Busting) yaitu terhadap  Serikat Buruh Merdeka Indonesia (SBMI).

"Oleh karenanya, SBMI meminta agar Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melalui UPT I dan II kiranya dapat melakukan pemeriksaan terhadap perusahaan ini (PT. Ace Hardware-Red) atas dugaan Union Busting tersebut serta memeriksa pelanggaran hak normatif lainnya," pungkasnya. 

Lanjut dikatakan Rintang, SBMI dengan tegas meminta agar perusahaan PT. Ace Hardware segera menghentikan PHK semena-mena dan menyelesaikan masalah PHK dan Normatif di PT. Ace Hardware.

"Kalau itu tetap dilakukan, kami SBMI Merdeka akan melakukan aksi kembali di setiap outlet-outlet PT Ace Hardware yang ada di Kota Medan maupun Deli Serdang," pungkasnya.(put)

Komentar Anda

Terkini