-->

Gelar Sosperda Penyalahgunaan Narkotika, Ruben Tarigan Hadirkan Wayang Kulit

Sabtu, 20 Agustus 2022 / 18.38

Anggota DPRD Sumut Fraksi PDI Perjuangan Ruben Tarigan bersama Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein dan Camat Percut Sei Tuan Ismail SSTP MSP saat menghadiri pagelaran Wayang Kulit di Desa Sei Rotan.(f-lubis/klikmetro)

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara Ruben Tarigan melakukan Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2019 Tentang fasilitas pencegahan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya. Sosialisasi dilaksanakan
di Kolam Renang Pagar Pinang, Desa Sei Rotan, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Sabtu (20/8/2022).

Kegiatan ini disemarakkan dengan dihadirkannya pagelaran wayang kulit yang sangat diminati masyarakat di Kabupaten Deli Serdang.

Dalam sosialisasinya, Ruben Tarigan menyampaikan keprihatinannya atas semakin maraknya peredaran narkoba, khususnya di Sumatera Utara.

"Narkoba sudah menyasar ke anak-anak di bawah umur yang merupakan generasi penerus bangsa,"kata Ruben dihadapan ratusan masyarakat yang hadir di sana.

Karena itu, politisi PDI Perjuangan ini mengajak masyarakat turut serta mencegah peredaran narkoba dan semakin meningkatkan perhatian dengan keluarga, khususnya terhadap anak.

Di kesempatan itu, Ruben juga mengingatkan masyarakat agar tidak lupa budaya. Seperti kegiatan wayang kulit yang sengaja digelar, hal ini agar mengingatkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kebudayaan.

"Bila ingin menghancurkan bangsa ataupun masyarakat, tak perlu repot. Cukup dihentikan saja kebudayaannya, maka masyarakat akan hancur. Begitulah pentingnya nilai kebudayaan itu,"kata Ruben.

Dia mengakui, pagelaran wayang kulit semakin jarang digelar karena anggaran yang dibutuhkan tidak sedikit. Padahal wayang kulit bagi masyarakat suku Jawa merupakan hiburan rakyat yang sampai sekarang masih diminati.

"Harapan saya untuk tetap menjaga tradisi dan budaya, semoga Pemkab Deli Serdang bisa membuat semacam badan pengawasan agar anggarannya dimasukkan di APBD Kabupaten Deli Serdang, sehingga kebudayaan tak akan pupus,"pungkasnya.

Usai sosperda, kegiatan dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit yang dimulai sekira pukul 9 malam.

Sekda dan Camat Saksikan Wayang Kulit

Pagelaran wayang kulit dihadiri Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein didampingi Kadis Budpar H.M. Khairum R serta rombongan dan Camat Percut Sei Tuan Ismail SSTP MSP.

Pada kegiatan itu, Sekdakab Deli Serdang mengajak masyarakat untuk tetap mempertahankan kebudayaan serta mengajarkan kepada anak cucu.

"Kebudayaan wayang ini merupakan ciri khas kepribadian kita orang jawa dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari hari. Banyak makna kehidupan yang terkandung di pertunjukan wayang kulit ini,"kata sekda.

Sementara Kades Sei Rotan Swandi MS mengatakan, acara Pagelaran Budaya Wayang Kulit ini setiap tahun digelar oleh Pemerintah Desa Sei Rotan Kecamatan Percut Sei Tuan bersama masyarakat sekitar.

"Setiap bulan suro atau memperingati 1 Muharram selalu digelar wayang kulit,"bilang kades.

Turut menghadiri pagelaran wayang kulit, Irawan anggota DPRD DS dari PAN, Sekcam Nasib Solichin SPD.MAP, Ketua TP PKK Kecamatan Percut Nana Ismail dan Ketua TP PKK Desa Sei Rotan, Ketua FKDM kecamatan Percut Ir Ton Syafrudin, Kades Bandar Setia Sugiato, Kades Tembung Misman, kader PDI Perjuangan, Pujakesuma, tokoh agama, tokoh masyarakat dan juga warga.(lbs)
Komentar Anda

Terkini