-->

Tutup Porprov Sumut 2022, Edy Rahmayadi Minta Bupati/Walikota Evaluasi Pembinaan Atlet

Sabtu, 05 November 2022 / 18.02

Gubsu Edy Rahmayadi menutup Porprovsu 2022 dan menyerahkan piala juara umum kepada Walikota Medan Bobby Nasution. (f-kominfo sumut)

DELISERDANG, KLIKMETRO.COM – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta kepada Bupati/Walikota se-Sumut mengevaluasi pembinaan atlet-atletnya. Ini bertujuan untuk mengembangkan sektor olahraga Sumut menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di mana Sumut dan Aceh menjadi tuan rumahnya.

Hal ini diungkapkan Gubernur Edy Rahmayadi usai menutup secara resmi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumut, Sabtu (5/11/2022) di Lapangan Astaka, Jalan Williem Iskandar, Deliserdang. Selain untuk pengembangan atlet, dia berharap Porprov Sumut 2022 menjadi bahan evaluasi setiap daerah.

“Saya minta dengan segala hormat beritahu bupati/walikota masing-masing hasil yang kalian dapat di sini agar menjadi bahan evaluasi pimpinan, kita ingin olahraga di Sumut terus berkembang dan maju menuju PON 2024,” tegas Edy Rahmayadi, yang menjadi pembina saat upacara penutupan Porprov Sumut 2022.

Kota Medan berhasil keluar sebagai juara umum pada Porprov 2022 dengan raihan 84 emas, 45 perak dan 41 perunggu. Selain itu, Kota Medan juga berhasil menjadi juara umum 10 cabor yang dipertandingkan pada Porprov Sumut 2022.

Posisi kedua ditempati Deliserdang dengan 20 emas, 45 perak dan 41 perunggu, disusul Kota Binjai dengan 18 emas, 25 perak dan 28 perunggu dan posisi keempat Kabupaten Karo dengan 16 emas, 23 perak dan 28 perunggu.

“Setiap kompetisi pasti ada yang menang dan yang kalah, selamat buat yang menang, tetapi tujuan kompetisi kita ini adalah pemacu semangat, evaluasi dan memberikan pengalaman, serta hiburan untuk masyarakat, jangan patah semangat, karena patah semangat bukan ciri olahragawan,” kata Edy Rahmayadi.

Sementara itu, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis mengatakan, ada perubahan dalam segi prestasi pada Porprov kali ini. Menurut John, pada Porprov sebelumnya Kota Medan benar-benar mendominasi di setiap cabang olahraga, namun sekarang mulai tersebar ke Kabupaten/Kota.

“Dari 17 cabor yang yang kita tandingkan pada kali ini, 10 juara umum dipegang Medan, Deliserdang 2 cabor, kemudian sisanya masing-masing 1 seperti Karo, Serdangbedagai, Binjai, Tebingtinggi, Labuhanbatu, ini artinya prestasi per cabor mulai tersebar dan mudah-mudahan ke depan persaingan semakin ketat,” kata John.

Penyerahan trofi, piagam serta trofi bergilir diserahkan langsung Gubernur Sumut Edy Rahmayadi kepada Walikota Medan Bobby Afif Nasution. Bobby Afif Nasution berharap di Porprov berikutnya Kota Medan bisa mempertahankan dan meningkatkan prestasi ini.

“Semoga ke depan bisa kita pertahankan dan kita tingkatkan lagi karena persaingan saat ini semakin ketat,” kata Bobby Afif Nasution.

Hadir pada upacara penutupan Porprov Sumut 2022, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting serta unsur Forkopimda Sumut. Hadir juga Wakil Bupati Deliserdang M Ali Yusuf Siregar, OPD terkait Pemprov Sumut, serta Kabupaten/Kota dan tokoh-tokoh olahraga Sumut. (mar)

Komentar Anda

Terkini