Unik! Pertama Kalinya di Deli Serdang Digelar MTQ Antar Kepala Desa dan Perwiridan

Senin, 13 Februari 2023 / 19.36

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan menyampaikan sambutan pada kegiatan MTQ Antar Kepala Desa. (ft-kominfo sumut) 

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Pertama kalinya Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ), pesertanya diikuti kepala desa dan perwiridan kaum ibu.

Acara unik dan luar biasa ini hanya ada di Kabupaten Deli Serdang, tepatnya di Kecamatan Pagar Merbau, Sabtu (11/2/2023).

"Visi kita, orang-orang Deli Serdang ini adalah bagaimana menjadikan kabupaten ini menjadi Deli Serdang yang wilayah dan masyarakatnya maju, sejahtera, religius dan rukun dalam kebhinekaan," kata Bupati di acara yang diadakan di Gelanggang Olahraga (GOR).Desa Sukamandi Hilir, Kecamatan Pagar Merbau ini.

Bupati menjelaskan pelaksanaan MTQ merupakan salah satu upaya dalam rangka memacu pengembangan tilawah, hafalan serta pendalaman isi Al Quran.

Selain itu, MTQ juga memiliki daya tarik dan ruang khusus dalam kehidupan masyarakat, karena selain menjadi media dakwah dan syiar Islam, MTQ juga menjadi pendorong tumbuhnya semangat pembangunan daerah pada bidang keagamaan.

MTQ Antarkepala Desa dan Perwiridan Kaum Ibu ini diselenggarakan sampai Minggu (12/2/2023).

"Pelaksanaan MTQ ini akan mengingatkan kita untuk menjadikan Al Quran sebagai napas dan pegangan hidup, seperti Rasulullah SAW. Nabi yang memiliki kepribadian dengan kemuliaan akhlak yang bersumber dari Al Quran menebarkan kasih sayangnya dan menjauhkan diri dari perkataan serta perbuatan yang menyakiti sesama," jelasnya.

Lantunan ayat suci Al Qur’an yang berkumandang selama MTQ, kata Bupati lagi, juga akan membawa pada suasana dan nuansa religius, karena Al Quran memberi pencerahan bagi siapa saja yang membaca dan menjadi penawar kegelisahan bagi siapapun yang mengamalkan isi kandungannya.

“MTQ ini jangan hanya dijadikan sebagai ajang fasih dan pintar membaca Al Qur’an semata, tetapi harus mempunyai nilai lebih yang mampu melahirkan pemahan yang benar akan nilai dan isi kandungan Al Qur’an dalam tatanan kehidupan sehari-hari. Terlebih bagi generasi muda yang sangat rentan karena arus globalisasi, keterbukaan informasi dan lain sebagainya," pesan Bupati.

Bupati menekankan, agar seluruh peserta MTQ untuk menampilkan seluruh kemampuan yang dimiliki untuk menjadi yang terbaik.

"Saya yakin dewan juri akan melakukan penilaian dengan sungguh-sungguh dan objektif," tegas Bupati dilanjutkan dengan pemukulan beduk dan pemberian sertifikat bedah rumah menandakan dimulainya perlombaan MTQ.

Turut hadir pada MTQ ini, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Deli Serdang, KH Amir Panatagama SPdI; Ketua Alwashliyah Deli Serdang, M Soleh SAg; Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), H Waluyo; Camat Pagar Merbau, H Ibnu Hajar SSos dan Ketua PKK Kecamatan beserta Muspika, KUA Kecamatan Pagar Merbau, Kepala Desa Sukamandi Hilir, Bahrul Ilmi SPd; kepala desa dan pengurus perwiridan se-Kecamatan Pagar Merbau; tokoh agama, tokoh masyarakat dan perwakilan ormas Islam lainnya.

Ikut mendampingi Bupati, Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs Citra Effendi Capah MSP; Kepala Dinas Cipta Karya Dan Tata Ruang, Rahmadsyah ST; Kepala Dinas Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi, H.Mukti Ali Harahap SAg MSi; mewakili Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfostan), Rudy Heryanto SKom dan perwakilan lainnya. (lbs)

Komentar Anda

Terkini