Pemdes Sambirejo Timur Peringati 10 Muharram, Gelar Syukuran Santuni Anak Yatim

Minggu, 30 Juli 2023 / 16.33

Pemdes Sambirejo Timur memperingati 10 Muharram dengan mengadakan syukuran yang dihadiri Pemkab Deli Serdang, Anggota DPRD Sumut dan Deli Serdang serta tokoh masyarakat, Minggu (30/7/2023). (ft-lubis/klikmetro)

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Dalam rangka memperingati 10 Muharam Tahun Baru 1445 Hijriah, Pemerintah Desa Sambirejo Timur Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang menggelar suroan atau bersih desa yang merupakan tradisi tahunan, yakni memberikan santunan kepada anak yatim piatu. 

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Deli Serdang H.Ashari Tambunan yang diwakili oleh Kadis Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Ismail SSTP MAP yang berlangsung di Jalan Sempurna Desa Sambirejo Timur, Minggu (30/7/2023). Turut hadir Anggota DPRD Sumut Ir Hj Anita Lubis, M. Sialoho, Ketua Puja Kesuma Deli Serdang Abd.Rahman, Misdianto, Ketua FKDM DS Sularno, para Kades, Camat Percut Sei Tuan A.Fitriyan Syukri SSTP MSI Camat Batang Kuis.Kuis, Sekcam Percut Junaedi, serta beberapa anggota DPRD Deli Serdang dari Dapil 6.

Kegiatan diawali dengan perlombaan penilaian nasi tumpeng untuk disajikan di acara tersebut yang diikuti oleh sejumlah kaum ibu dari berbagai dusun dan dinilai oleh dewan juri.

Selanjutnya pembacaan ayat suci Alquran serta Kata sambutan dari Ketua Panitia. Kemudian sambutan dari Kades Sambirejo Timur Mhd Arifin yang mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, para donatur dan panitia serta semua pihak yang telah membantu sehingga acara terlaksana.

Di kesempatan itu, Camat Percut Sei Tuan menyampaikan kegiatan 10 muharram merupakan tradisi yang digelar setiap tahun di desa yang masyarakatnya mayoritas suku Jawa. Dipercaya juga, kegiatan bulan suro ini untuk membersihkan desa dan menjauhkan dari bala maupun bencana. 

Momentum Peringatan Tahun Baru Islam setiap tahunnya yang digelar ini pun tak luput dari perhatian Bupati Deli Serdang H.Ashari Tambunan dan kedatangannya diwakili Ismail SSTP MSP yang menyampaikan sambutan bupati.

Kegiatan 10 Muharram yang bertemakan "Pintu Gerbang Kemajuan" ini dirangkai juga dengan makna suroan dan bersih desa dipaparkan oleh tokoh masyarakat Kecamatan Percut Nasib Solichin SPD MAP melalui sajian makananan yang disuguhkan dalam dialeg Jawa. 

Acara diakhiri dengan tausiah agama oleh Ustad Feri Softiadi SE yang menyampaikan perbanyak sedekah dan memberi kepada anak yatim di bulan Muharram agar dosa dosa diampuni. "Dn diberi pahala puluhan lipat dari jumlah rambut anak yatim yang kita elus rambut," demikian disampaikan Ustad Feri.

Dipenghujung acara Kadisbudporapar memberikan hadiah piala dan piagam kepada pemenang lomba Masak Tumpeng atau Embengan.

Sebelumnya Kadisbudporapar Ismail serta anggota dewan yang hadir mendapat suguhan nasi tumpeng dari Kades Sambirejo Timur dan dilanjutkan dengan makan bersama serta memberi santunan kepada anak yatim. (lbs)

Komentar Anda

Terkini