Pemko Pematang Siantar Gelar Workshop RAD Kota Layak Anak

Kamis, 09 November 2023 / 19.14

Pemko Pematang Siantar menggelar workshop Rancana Aksi Daerah Kota Layak Anak

SIANTAR, KLIKMETRO.COM - Pemerintah Kota Pematang Siantar melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) menyelenggarakan Workshop Pengisian Matriks Rencana Aksi Daerah (RAD) Kota Layak Anak (KLA). Workshop di Ruang Serbaguna Pemko Pematang Siantar, Kamis (9/11/2023) dibuka oleh Wali Kota Pematang Siantar diwakili Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Junaedi Antonius Sitanggang SSTP MSi.

dr Susanti dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Junaedi Sitanggang menyampaikan anak adalah kunci peradaban dan kualitas suatu bangsa. Setiap anak perlu dibimbing dalam mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. 

Fenomena yang terjadi saat ini, masih banyak anak yang tidak mendapatkan haknya, sehingga mereka tidak dapat tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya. 

"Hal ini ditunjukkan dengan masih terdapat kasus pernikahan anak, putus sekolah, stunting, korban kekerasan, dan berbagai permasalahan yang terkait anak lainnya, termasuk masalah kesehatan dan pendidikan anak," terangnya.

Dengan demikian, lanjutnya, pembangunan yang memprioritaskan pemenuhan hak anak termasuk melindungi mereka dari segala bentuk kekerasan, eksploitasi, kerentanan, dan diskriminasi adalah hal yang esensial untuk dilakukan.

Masih kata dr Susanti dalam sambutan tertulisnya, salah satu upaya menjawab tantangan tersebut, melalui pelaksanaan KLA, yakni pembangunan yang mengedepankan pemenuhan dan perlindungan hak anak. melalui pemenuhan lima klaster hak anak dengan 24 capaian indikator. 

"Tentu kita berharap agar dunia anak di Kota Pematang Siantar menjadi fokus perhatian pembangunan tanpa meninggalkan anak sebagai bagian dari penerus kota," tukasnya.

Melalui kegiatan workshop tersebut, dr Susanti berharap seluruh stakeholder dapat menyamakan persepsi dalam penyelenggaraan KLA.

Harapan lainnya, kegiatan tersebut semakin meningkatkan koordinasi dan sinergitas, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, penganggaran, pemantauan, dan pelaporan. 

"Dan melalui kegiatan ini, kita dapat menyusun Rencana Aksi Daerah (RAD) Kota Layak Anak yang diselaraskan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) serta isu prioritas perlindungan anak," sebutnya.

Kepada semua peserta workshop, dr Susanti berpesan agar mengikuti kegiatan tersebut dengan baik melalui pengisian Matriks Kerja RAD yang dipandu oleh mentor yang sudah berpengalaman. 

"Kita akan melihat, sejauh mana fokus perhatian rencana pembangunan, khususnya kepada anak. Agar ke depan, kita dapat mengambil kebijakan yang strategis dan taktis supaya dunia anak menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari majunya pembangunan kota," paparnya.

Workshop menghadirkan narasumber sekaligus mentor Dra Marhamah Siregar MSi dari Kota Medan.  

"Saya yakin dan percaya, pengalaman beliau selama ini memandu beberapa kabupaten/kota lainnya yang ada di Sumatera Utara menjadi suntikan motivasi kita dalam menwujudkan Siantar Kota Layak Anak," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinsos P3A Kota Pematang Siantar Pardomuan Nasution SS MSP mengharapkan agar pemateri atau narasumber membimbing peserta workshop sehingga mampu mengisi Matriks RAD Kota Layak Anak.

"Semoga dengan kegiatan ini bisa turut mempercepat terwujudnya Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas," sebutnya.

Turut hadir, mewakili Kapolres Pematang Siantar, mewakili BNN Kota Pematang Siantar, pimpinan OPD terkait, dan TP PKK Kota Pematang Siantar. (pes) 

Komentar Anda

Terkini