Eks Aksara Plaza Mau Dijadikan Taman, Nasib Pedagang Makin Tak Jelas

Rabu, 07 November 2018 / 22.29
Penertiban pedagang eks Pasar Aksara, beberapa waktu lalu.
MEDAN, KMC - Ketua Komisi C DPRD Medan, Boydo HK Panjaitan mengkritik rencana Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin yang ingin menjadikan lahan eks Plaza Aksara menjadi taman atau Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Menurutnya, hal pertama yang perlu dilakukan Wali Kota Medan adalah memberikan penjelasan mengenai pedagang eks Pasar Aksara.

"Sudah berapa tahun Pasar Aksara terbakar, tapi hingga saat ini belum jelas dimana pasar penggantinya akan dibangun. Tiba-tiba kok dia (Wali Kota) bilang mau jadikan lahan eks Plaza Aksara menjadi taman," katanya di Medan, Rabu (7/11/2018).

Politisi PDI Perjuangan itu menegaskan bahwa rencana pembangunan pengganti Pasar Aksara di lokasi yang tidak jauh dari Pasar Aksara yang terbakar masih sebatas wacana belaka.

"Kalau pasar pengganti mau dibangun Kementrian, tentu Pemko Medan harus siapkan DED (Detail Enggenering Design). Tapi, itu belum jelas. Sudah lebih dari 2 tahun pasar itu terbakar, pasar penggantinya belum juga jelas," paparnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Pemko Medan memiliki rencana untuk menjadikan lahan Eks Plaza Aksara menjadi RTH.

"Nanti bekas Pasar Aksara akan dijadikan taman," kata Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, di gedung DPRD Medan, Selasa lalu (6/11).

Namun, dia tidak merinci kapan pembangunan RTH di lokasi eks Pasar Aksara akan dilakukan. Akan tetapi, Suami Rita Maharani itu berjanji akan menjadikan lokasi tersebut sebagai RTH.

"Nanti kegiatan anggaran pembuatan tamannya akan diusulkan pada APBD 2019. Pokoknya jadi taman," ucapnya. 

Sebelumnya, menjelang pelaksanaan MTQN ke XXVII, Pemko Medan melakukan penggusuran pedagang kaki lima di sejumlah ruas Kota Medan. Termasuk pedagang eks Plaza Aksara yang berjualan di badan jalan juga terkena penggusuran. Hingga saat ini, relokasi pedagang eks Pasar Aksara belum kelar lantaran lokasi yang dihunjuk Pemko Medan dinilai terlalu jauh. Pedagang meminta agar kembali ditempatkan di lahan pelataran parkir Aksara Plaza yang terbakar pada Juli 2016 lalu. (mr/riz)
Komentar Anda

Terkini