Kota Medan Juara Pertama Produk Olahan Pangan Lokal Komersial

Rabu, 09 Oktober 2019 / 18.06
Festival pangan lokal beragam, Kota Medan raih juara pertama Produk Olahan Pangan Lokal Komersial.
MEDAN, KLIKMETRO - Kota Medan berhasil keluar sebagai juara pertama Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Provinsi Sumut kategori Produk Olahan  Pangan Lokal Komersial yang digelar dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 dan Peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-47 Tingkat Propinsi Sumatera Utara  di Lapangan Merdeka Medan, Rabu (9/10/2019).

Sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan Kota Medan tersebut, Gubsu Edy Rahmayadi didampingi Ketua TP PKK Sumut Hj Nawal Lubis Edy Rahmayadi dan Wakil Ketua TP PKK Sumut  Ny Sri Ayu Muhari Musa Rajekshah memberikan hadiah berupa tropi kepada Ketua TP PKK Kota Medan Ny Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin SH.

Penyerahan hadiah disaksikan Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto SIK beserta sejumlah Bupati dan Wali Kota se-Sumut. Keberhasilan itu selanjutnya didedikasikan Ny Hj Rita Maharani kepada seluruh pengurus dan anggota TP PKK Kota Medan, termasuk warga Kota Medan yang selama ini mendukung kegiatan program PKK.

Alhamdulillah, kerja keras yang dilakukan selama ini membuahkan hasil dan pagi menjelang siang ini kita berhasil keluar sebagai juara pertama Festival Pangan Lokal Provinsi Sumut Kategori Paket Lunchbox B2SA. Meski demikian saya berpesan agar keberhasilan ini tidak cepat  membuat kita langsung berpuas diri. Jadikan kemenangan ini sebagai motivasi untuk terus menggiatkan dan memberhasilkan seluruh program PKK, termasuk B2SA di wilayah Kota Medan,” kata Ny Hj Rita Maharani.

Dikatakan Hj Ny Hj Rita Maharani, masyarakat, trutama kaum ibu saat ini perlu terus diedukasi guna meningkatkan pemahaman akan pentingnya penerapan prinsip B2SA dengan berbasis sumber daya local dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, salah satu faktor penting dan sangat mempengaruhi terwujudnya sumberdaya manusia yang berkualitas adalah konsumsi pangan yang bergizi.

Sebelumnya Gubsu Edy Rahmayadi dalam sambutannya, berharap agar peringatan HPS dan HPK ke depan tidak lagi lakukan secara seremonial seperti ini. Gubsu ingin peringatan dilakukan dalam ruangan dan diisi dengan pembahasan sekaligus evaluasi upaya peningkatan hasil pertanian dan pangan di Sumut dengan melibatkan seluruh Bupati dan Wali Kota.

Selain beras, mantan Pangkostrad itu juga optimis hasil pertanian lainnya di Sumut seperti jagung, cabai merah, wortel, tomat, kentang dan ubi kayu juga bisa surplus jika dikelola dengan sebaik-baiknya. “Kita punya potensi, jika dikelola dengan baik hasilnya bisa berlimpah sehingga Sumut dapat surplus,' jelasnya. (mar/rel)
Komentar Anda

Terkini