-->

Akyar Minta Media Berperan Kampanyekan Hidup Bersih dan Kurangi Penggunaan Plastik

Rabu, 18 Desember 2019 / 19.23

Silaturahmi Plt Walikota Medan Akhyar Nasution dengan Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan.

MEDAN, KLIKMETRO - Pemerintah Kota (Pemko) Medan saat ini tengah gencar-gencarnya melakukan kampanye kepada masyarakat untuk mengurangi penggunaan sampah plastik. Kampanye ini sudah berjalan 3 bulan terakhir. 

Pada kegiatan silaturahmi dan ramah tamah dengan media Se-Kota Medan di Taman Cadika, Rabu (18/12/2019),  Pelaksana tugas Wali Kota Medan, Akhyar Nasution kembali mengkampanyekan pola hidup bersih dan mengurangi penggunaan plastik. Akhyar menyebutkan, pembagian Tumbler ke awak media ini sebagai simbol pengurangan pemakaian minuman kemasan plastik.


Plt Walikota Medan membagikan tumbler pada wartawan unit Pemko Medan.

"Karena sepanjang kita melakukan pembersihan paret, paling banyak itu adalah sampah plastik," ungkapnya.

Dia menambahkan, selama kampanye ini dilakukan sudah ribuan Tumbler yang dibagikan kepada masyarakat dan ditegaskan sampah di kota Medan sudah jauh berkurang. 

Ketua Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan, M Edison Ginting menyebutkan, pers merupakan pilar ke 4 demokrasi. Karena itu, Edison Ginting mengajak rekan-rekan media meningkatkan solidaritas dan soliditas serta bersinergi untuk kemajuan pembangunan Kota Medan.

"Kita boleh menyampaikan kritikan demi kemajuan Kota Medan, tapi juga ada solusi yang kita tawarkan agar masyarakat semakin cerdas memahami berita-berita yang kita sajikan,"sebut Edison Ginting.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, M Husni, mengakui meski belum maksimal namun gerakan pengurangan penggunaan sampah tetap akan gencar dilakukan.

Dikatakannya, menggunakan thumbler memiliki dampak bagi pribadi masing-masing orang. "Paling tidak kita semua jadi ingat minum, minum secara teratur karena menggunakan thumbler," kata Husni.

Disebutkannya, total sampah di Kota Medan mencapai 2 ribu ton/hari. Di mana, 30 % diantaranya  adalah sampah plastik. "Kampanye ini terus dilakukan sampai bawah, ada 3 tim yang sosialisasi sampai ke sekolah-sekolah," tandasnya. 

Di akhir acara, Plt Walikota Medan membagikan tumbler gratis pada awak media yang diterima secara simbolis oleh 5 wartawan sebagai perwakilan. (mar)
Komentar Anda

Terkini