-->

Kapal Tanker di Belawan Terbakar, 12 Pekerja Terluka

Senin, 11 Mei 2020 / 18.07
Kebakaran KM Caglela di Pelabuhan Belawan, Medan.
MEDAN, KLIKMETRO - Ratusan warga Belawan mendadak panik mendengar suara ledakan besar dibarengi kobaran api di Pelabuhan Belawan, Senin pagi (11/5/2020).

Warga di seputaran pelabuhan sontak heboh melihat kobaran api membubung tinggi. Kepanikan pun terjadi lantaran takut kapal tanker KM Caglela yang diduga bermuatan minyak itu meledak.

"Kami terkejut mendengar suara ledakan besar, pas keluar kami lihat api besar kali di Pelabuhan Belawan. Langsung kami susun barang-barang lantaran takut kapal itu meledak. Apalagi dibilang kapal itu bermuatan minyak,"kata Yeni, warga sekitar yang membuka usaha kelontong di kawasan itu.

Sementara informasi yang diperoleh, kapal terbakar saat diperbaiki di galangan kapal PT Waruna Shipyard Indonesia, Belawan.

Dikabarkan, belasan pekerja menjadi korban akibat kebakaran tersebut dan kerugian diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Camat Medan Belawan, Ahmad SP menyebutkan 12 orang pekerja PT Waruna Shipyard Indonesia terluka dan dibawa ke Rumah Sakit PHC Belawan akibat kebakaran Kapal Tanker MT Caglela, di Gabion, Kecamatan Medan Belawan.

"Jumlah yang sudah masuk rumah sakit sebanyak 12 orang dan sedang dilakukan pendataan berapa warga kita yang menjadi korban,” ungkapnya seraya mengaku belum mengetahui adanya korban jiwa dalam insiden tersebut.

Amatan wartawan di lokasi, sekitar empat unit ambulance yang diduga membawa korban bolak balik keluar dan masuk dari dalam galangan kapal. Semua ambulance tersebut mengeluarkan bawaanya di RS PHC Belawan.

Diperoleh informasi KM Caglela memiliki panjang sekira 250 meter dan merupakan kapal pengangkut minyak milik PT Waruna Shipyard Indonesia. Kapal tersebut sudah dua minggu naik dok dan sedang dalam proses perbaikan.

Sementara informasi yang dilansir dari Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyebutkan, bahwa telah terjadi kebakaran di galangan kapal milik PT. Waruna Nusa Sentana Shipyard Belawan - Medan Sumatera Utara.

"Benar telah terjadi kebakaran kapal MT. JAG LEELA yang sedang melakukan perawatan atau docking di galangan kapal milik PT. Waruna Nusa Sentana Shipyard Belawan - Medan yang berlokasi dan berjarak kurang lebih 1-2 kilometer dari kantor Distrik Navigasi Kelas I Belawan," jelas Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Ahmad di Jakarta, Senin (11/5)

Menurutnya, hingga saat ini, proses pemadaman api sedang berlangsung yang dilakukan oleh unsur-unsur maritim seperti Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, Syahbandar Utama Belawan, PT. Pelindo I Belawan, Dinas Pemadam Kebakaran Belawan yang mengerahkan 6 unit mobil pemadam, dan Polairud Belawan.

Sementara dari sisi Laut kapal patroli KPLP KN. 5205 sudah berada di sekitar kejadian untuk mengamankan sisi laut dengan jarak sekitar 200 meter dari lokasi. Ada 3 kapal terlibat dalam kegiatan  pemadaman dari sisi laut. Kapal-kapal tersebut adalah milik Pelindo I dan PT. Waruna.

"Hingga kini, tim SAR masih melakukan pengecekan apakah ada jatuh korban dengan terjadinya musibah kebakaran tersebut. Segera kami update informasinya," tutup Ahmad. (mar/int)
Komentar Anda

Terkini