2 Ribu Warga Binaan Lapas dan Rutan Tanjung Gusta Terima Vaksinasi Covid 19

Senin, 23 Agustus 2021 / 14.09

Warga binaan di Lapas dan Rutan Tanjung Gusta mendapat vaksinasi covid-19.

MEDAN, KLIKMETRO.COM -  Sebanyak 2.000 warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lapas dan Rutan Klas I Medan mendapat suntikan vaksin, Senin (23/8/2021) pagi.

Plh Kadiv PAS Kanwil Kemenkumham Sumut, Erwedi Supriyatno mengatakan, vaksinasi ini difasilitasi Polda Sumut sebagai langkah percepatan penanganan dan pencegahan Covid-19 di kalangan narapidana.

"Kami ditargetkan oleh Dirjenpas agar semua warga binaan tanpa terkeceuali divaksinasi, karena ini terkait masalah nyawa. Dan tentunya semua harus divaksinasi," katanya kepada wartawan.

Erwedi mengungkap bahwa untuk Lapas dan Rutan di Medan ada sebanyak 2.000 dosis yang disuntikan kepada warga binaan. "Khususnya untuk di Medan ini, 1.000 di Lapas Klas 1 Medan dan 1.000 di Rutan Klas 1 Medan," ungkapnya.

Erwedi menjelaskan, usai pelaksanaan vaksinasi tahap pertama ini dilakukan, pihaknya juga dengan cepat akan melakukan vaksin tahap kedua. Disinggung siapa saja WBP yang mendapat prioritas terlebih dulu divaksin, Erwedi menjawab adalah WBP lansia (lanjut usia), tahanan pendamping (tamping), dan tahanan rehabilitasi (rehab).

"Janji pak Kapolda akan melanjutkan untuk melalukan vaksin semua warga binaan. Namun, karena ketersediaan vaksin 1.000 masing-masing Lapas dan Rutan saat ini, sehingga baru dilaksanakan. Dan 28 hari setalah ini akan diberi dosis kedua," jelasnya.

Erwedi menambahkan bahwa pada pelaksanaan vaksinasi tahap pertama ini dilakukan satu hari dan dalam pelaksanaan vaksinasi ini juga Kapolda Sumut mengintruksikan agar Kapolres dan Kapolrestabes untuk ikut dalam membantu vaksinasi di Lapas dan Rutan.

"Ada beberapa Lapas yang sudah berkoordinasi dengan Polres. Ini yang pertama. Tapi, sebelumnya sudah ada di Lapas Pematang Siantar," tandas Erwedi. (mt)

Komentar Anda

Terkini