-->

Ketua PT Medan Lantik Setyanto Hermawan Sebagai Ketua PN Medan

Sabtu, 05 Maret 2022 / 05.05

Ketua PT Medan Robinson Tarigan melantik Setyanto Hermawan sebagai Ketua PN Medan. (f-ist)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Medan Robinson Tarigan, melantik Setyanto Hermawan sebagai ketua Pengadilan Negeri (PN) Medan di aula PT Medan, Jumat (4/3/2022). 

Setyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil ketua PN Jakarta Barat ini, dilantik menggantikan Andreas Purwanto Setiadi yang dipromosikan sebagai hakim tinggi Pengadilan Tinggi (PT) Palembang. 

Dalam sambutannya, Ketua PT Medan Robinson mengatakan, jabatan ketua PN Medan yang diduduki Setyanto tentunya menuntut tanggung jawab yang besar. 

"Oleh karena itu, keseriusan, kesungguhan, dan kearifan dalam bersikap dan bertindak, wajib saudara lakukan dalam menjalankan jabatan saudara. Saya percaya bahwa saudara dalam menjalankan tugas dan jabatan

dapat memberikan kontribusi positif. Untuk menangani dan menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi oleh Pengadilan Negeri Medan, baik persoalan Yudisial dan non Yudisial," kata Robinson. 

Ia berharap, Setyanto dapat menjadikan PN Medan menjadi pengadilan yang maju dan berkembang, serta menjadi pengadilan yang modern berbasis tehnologi informasi sehingga dapat memenuhi harapan masyarakat dalam memberikan pelayanan publik.

"Saya sampaikan agar Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) dilaksanakan secara tertib, teratur dan tepat waktu, karena SIPP adalah bentuk keterbukaan informasi mengenai perkara yang ada di Pengadilan Negeri Medan. Dimana masyarakat pencari keadilan dapat mengakses dan mengetahui status penyelesaian perkara di Pengadilan. 

Tugas yang dipercayakan kepada saudara menuntut tanggung jawab yang besar dalam pelaksanaannya," ucapnya. 

Sementara itu, Setyanto saat diwawancarai usai pelantikan berjanji akan bekerja secara prima dan profesional di PN Medan. 

"Seperti kata sambutan bapak ketua PT tadi, tentu itu menjadi pijakan saya untuk bekerja membenahi Pengadilan Negeri Medan menjadi lebih baik. 

Khususnya terkait dengan visi misi Mahkamah Agung bagaimana menjadi peradilan yang modern, supaya pelayanan kepada masyarakat semakin baik. Tapi intinya komitmen saya adalah kita akan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat," pungkasnya. 



Marlyus Resmi Jabat Wakil Ketua PN Medan


Usai dilantik sebagai Ketua PN, Setyanto Hermawan melantik Marlyus MS SH MH sebagai Wakil Ketua PN Medan. 

Pelantikan wakil ketua PN Medan itupun digelar sore harinya di ruang Utama Gedung PN Medan. Marlyus yang sebelumnya Ketua PN Serang, menggantikan Saut Pasaribu yang dipromosikan sebagai Ketua PN Jakarta Selatan. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun wartawan, Setyanto Hermawan dalam perjalanan karirnya sebagai hakim pernah menjadi pemimpin di sejumlah Pengadilan Negeri di Indonesia. 

Seperti di tahun 2018, Setyanto pernah menjabat sebagai Wakil Ketua PN Batam yang mana sebelumnya menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negeri Kelas I-B Kabupaten Kediri. Tidak hanya itu Setyanto juga pernah menjabat Ketua Pengadilan Negeri Jember dan sejumlah jabatan lainnya. 

Selain itu, Setyanto Hermawan juga menjadi hakim ketua saat menyidangkan perkara penyalahgunaan narkotika almarhumah Vanesa Angel di Pengadilan Negeri Jakarta Barat didampingi hakim anggota Iwan Wardana dan Ade Sumitra. (put)

Komentar Anda

Terkini