-->

Pelaksanaan Pilkades Serentak di Sergai Berlangsung Kondusif

Kamis, 31 Maret 2022 / 19.36

Bupati Sergai H Darma Wijaya meninjau pelaksanaan pilkades serentak di tps.(f-kominfo sergai)

SEI RAMPAH, KLIKMETRO.COM - Pelaksanaan Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang di gelar oleh 100 desa di 16 kecamatan se-Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) berlangsung lancar dan kondusif dan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Hal ini terlihat di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sudah dipadati oleh masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya pada kontestasi Pilkades periode 2022-2028. Tak terkecuali TPS yang dikunjungi oleh Bupati Sergai H Darma Wijaya, Kamis (31/3/2022).

Bersama Kapolres AKBP Dr. Ali Machfud, SIK, MIK, Wadirkrimum AKBP Alamsyah Hasibuan, Komandan Satuan Brimob Polda Sumut Kombes Pol Christiyanti Goetamo serta sejumlah OPD, Bupati Sergai melakukan peninjauan di tiga Kecamatan yakni Sei Rampah, Teluk Mengkudu dan Perbaungan.

Adapun TPS yang dikunjungi Bupati beserta rombongan yakni TPS I Desa Firdaus, TPS I dan II Desa Pematang Setrak serta TPS I dan II Desa Lidah Tanah.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan jika berdasarkan data dari Dinas PMD jumlah TPS se-Sergai yang menggelar Pilkades sebanyak 545 TPS tersebar di 100 desa. Sedangkan jumlah Cakades sebanyak 299 orang dan jumlah seluruh DPT yang turut dalam pesta demokrasi Pilkades sebanyak 200.180 orang.

"Alhamdulillah, terimakasih kepada masyarakat yang sudah menggunakan hak suaranya. Semuanya saya lihat aman, kondusif, dan tetap prokes. Semoga hasilnya nanti bisa membawa kebaikan bagi setiap desa. Ini semua tentu tak terlepas dari sinergitas seluruh stakeholder yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkades,” kata Bupati Sergai yang didampingi beberapa Kepala OPD diantaranya; Kadis Kominfo, Drs H Akmal, AP, M.Si, Kasatpol PP Muhammad Wahyudhi, S.STP, M.Si, Kadis PMD Sri Rahmayani, S.Sos, M.Si serta OPD terkait lainnya.

Diakhir tinjauannya, Bupati mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak seperti P2KD, pemerintahan desa, pihak kecamatan maupun Dinas terkait. Kemudian pihak aparatur keamanan TNI/Polri yang turut menyukseskan gelaran Pilkades di Tanah Bertuah Negeri Beradat. pungkas Bupati.

Kapolres AKBP Dr. Ali Machfud, SIK, MIK menyampaikan bahwa jumlah personil yang diturunkan pada gelaran Pilkades ini berjumlah 1.003 personil, dengan rincian  dari Polres Sergai 304 personil. Intel polda Sumut 20 personil, brimob 100 personil, Samapta 130 personil, Bintara remaja 230 personil dan jajaran Kodim 60 persenil, rincinya.

Ia pun meminta kepada pasukan yang bertugas untuk mengedepankan profesional, humanis dan tindakan preventif.

Di waktu yang sama, Wabup Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan juga melakukan peninjauan pelaksanaan Pilkades di Kecamatan Perbaungan yaitu di TPS 3 Desa Sukajadi, TPS 2 Desa Lubuk Cemara, TPS 3 dan 4 Desa Lidah Tanah dan TPS 3 Desa Lubuk Dendang.

“Pelaksanaan Pilkades berjalan aman dan lancar. Alhamdulillah, masyarakat tertib dalam memberikan hak suaranya dengan tetap prokes. Ini menandakan bahwa demokrasi di Sergai semakin baik. Siapa pun nantinya yang terpilih semoga dapat menjalankan amanah sebagai pemimpin di desa dengan sebaik-baiknya,” ujar Adlin Tambunan.

Sementara itu, Sekdakab Sergai H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP  meninjau pelaksanaan Pilkades di TPS 05 Dusun IV Desa Kuta Baru dan dilanjutkan dengan meninjau TPS di Desa Binjai Kecamatan Tebing Tinggi.

Faisal Hasrimy melihat antusias masyarakat yang mengikuti Pilkades. Ia merasa senang   melihat kondisi Pilkades berjalan aman dan lancar tanpa ada kendala yang berarti. Seluruh kelengkapan pelaksanaan Pilkades tersalur dan tersedia dengan lengkap mulai dari logistik Pilkades, petugas yang sigap dan ramah, TPS yang baik serta lingkungan yang sangat mendukung, cetusnya dihadapan Kapolres Tebing Tinggi, unsur Forkopimcam dan jajaran OPD terkait lainnya. (mar)

Komentar Anda

Terkini