-->

Medan Tuntungan Dukung Program Kelompok Dasawisma di Kota Medan

Senin, 18 April 2022 / 10.16

Camat Medan Tuntungan Harry Indrawan Tarigan.(f-ist)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Kecamatan Medan Tuntungan mendukung penuh program kelompok dasawisma di Medan. Kepala lingkungan yang ada di 9 kelurahan diminta melakukan pendataan untuk menyukseskan program ini.

Camat Medan Tuntungan Harry Indrawan Tarigan menyatakan pihaknya sudah mengintruksikan lurah dan kepling agar pendataan datawisma segera diselesaikan.

Hal ini merupakan program dari tim penggerak pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga TP PKK untuk menghadapi bahaya covid-19.
"Pada apel gabungan beberapa hari lalu, saya sudah sampaikan kepada lurah dan kepling agar pendataan datawisma segera diselesaikan. Untuk menyukseskan program ini, saya akan setiap hari turun langsung ke kelurahan  untuk memastikan hal ini  sehingga secara keseluruhan 9 kelurahan di Kecamatan Medan Tuntungan akan diketahui apa saja kendala. Pendataan dasawisma ini sangat penting dilakukan. Untuk itu, peran serta semua pihak, khususnya kepala lingkungan sangat dibutuhkan," kata Harry dikutip Senin (18/4/2022).

Lanjutnya lagi, peran kepling dalam pendataan dasawisma sangat vital. Sebab masing-masing  mengenal wilayahnya. Tentu harus pula mengenal keberadaan dan kondisi warganya.

"Dasawisma merupakan kelompok ibu berasal dari 10 KK yang bertetangga untuk mempermudah jalannya suatu program. Seperti  pengumpulan dana, kuesioner, tertib administrasi, adalah beberapa contoh tanggung jawab ketua dasawisma, untuk kemudian hasilnya diteruskan ke Ketua PKK.
Kelompok dasawisma terdiri dari 10 – 20 KK dalam satu RT, setelah terbentuk kelompok, maka diangkatlah satu orang yang memiliki tanggung jawab sebagai ketua,"kata Harry menjelaskan.

Kegiatannya diarahkan pada peningkatan kesehatan keluarga bentuk kegiatannya seperti arisan (PKK), pembuatan jamban, sumur, kembangkan dana sehat seperti PMT, pengobatan ringan, membangun sarana sampah, dan kotoran.

"Program PKK ini menjadi bagian penting yang harusnya mendapat perhatian kita semua, di mana dasawisma tujuannya untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga.

Program tersebut diharapkan mampu untuk dapat memberdayakan kelompok PKK hingga ke kelompok terkecil, dengan harapan mampu melahirkan generasi yang tangguh. Oleh karenanya, untuk mewujudkan hal tersebut dimasa pandemi, dibutuhkan kerja sama semua pihak, agar terjadi sinergitas dalam menjalankan program tersebut,"pungkasnya.

Sekaitan hal ini, Lurah Sidomulyo, Raja Salomo menyatakan siap melaksanakan instruksi Camat Medan Tuntungan dan mendukung penuh program Kelompok Dasawisma di Kota Medan. (hot)
Komentar Anda

Terkini