Tim Penilai TP PKK Provsu Monitoring Tertib Administrasi TP PKK Kelurahan Bukit Sofa Pematangsianțar

Rabu, 05 Juni 2024 / 20.06

Tim Penilai TP PKK Provinsi Sumatera Utara melakukan monitoring pelaksanaan Tertib Administrasi TP PKK Kelurahan Bukit Sofa, Kecamatan Sianțar Sitalasari, Kota Pematangsiantar, Rabu (5/6/2024). (ft-kominfo pematangsiantar)

SIANTAR, KLIKMETRO.COM - Tim Penilai TP PKK Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melakukan monitoring pelaksanaan Tertib Administrasi TP PKK Kelurahan Bukit Sofa, Kecamatan Sianțar Sitalasari, Kota Pematangsiantar. Kedatangan tim monitoring disambut di Kantor Lurah Bukit Sofa, Jalan Artileri, Rabu (5/6/2024). 

Tim monitoring yang hadir yaitu Ketua Tim Penilai yang juga Sekretaris I TP PKK Sumut Riza Pahlevi Lubis bersama Budi Prayogi serta Darmawansyah dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumut. 

Camat Sitalasari Sahrul Ramadhan Pane diwakili Richard Zendrato mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai TP PKK Sumut dalam rangka monitoring Tertib Administrasi TP PKK di Kelurahan Bukit Sofa.  

Menurutnya, Tertib Administrasi menjadi salah satu kunci dalam mendorong 10 Program Pokok PKK, termasuk di kelurahan. Apapun hasil monitoring dan penilaian, katanya, TP PKK Kelurahan Bukit Sofa sudah berusaha memberikan yang terbaik. 

"Kami juga mengapresiasi Ketua TP PKK Kelurahan Bukit Sofa. Kami bangga dengan kerja keras seluruh kader. Semoga kerja keras bisa terbayarkan," katanya. 

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Pematangsiantar H Kusma Erizal Ginting SH diwakili Sekretaris Nisha IM SPd dalam sambutannya mengatakan, tahun lalu juara 1 Tertib Administrasi TP PKK Provinsi Sumut diraih Kelurahan Nagapitu Kecamatan Sianțar Martoba. Diharapkan prestasi tersebut bisa dipertahankan tahun ini.

"Lomba ini bukan hanya tentang buku, papan data, atribut, dan sebagainya. Tapi merangkum semuanya, Pokja I hingga Pokja IV," katanya, seraya menambahkan sudah dua tahun pihaknya melakukan pembinaan Tertib Administrasi TP PKK kepada Kelurahan Bukit Sofa. 

Disampaikannya, dalam mengikuti perlombaan Tertib Administrasi TP PKK, pihaknya juga berkoordinasi dengan OPD terkait, seperti Dinas Arsip dan Perpustakaan serta Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk aplikasi dan dokumentasi.

"Perlu sentuhan kepedulian semua pihak. Termasuk dukungan camat dan lurah sebagai pembina TP PKK.

Bila dapat terlaksana, tujuan TP PKK memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju, dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan, dapat terwujud.

Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA diwakili Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Hamzah Fanshuri Damanik SSTP MSi mengharapkan kehadiran tim monitoring dapat melakukan pembinaan yang edukatif demi kemajuan TP PKK.

Disebutkannya, pengelolaan administrasi yang baik dapat menjadi indikator pengelolaan organisasi. TP PKK pun sudah selayaknya menerapkan Tertib Administrasi yang ditopang kemajuan teknologi.

"Ditopang pendataan terencana, terukur, dan memiliki output jelas," tukasnya. 

"Saya berpesan, mari kita jadikan kegiatan ini untuk memperbaiki kinerja TP PKK ke depan. Terima kasih atas atensi semua pihak untuk mewujudkan Pematangsiantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas," katanya.

Sedangkan Ketua Tim Penilai TP PKK Provinsi Sumut Riza Pahlevi Lubis dalam bimbingan dan arahannya menerangkan, selain di Kelurahan Bukit Sofa, dihari yang sama seluruh Ketua Pokja I-IV TP PKK Provinsi Sumut hadir di Kota Pematangsiantar untuk melakukan monitoring di kelurahan lain dengan kategori berbeda. 

"Tahun lalu Kota Pematangsiantar meraih juara 1 Tertib Administrasi TP PKK. Saya yakin kali ini bisa berhasil kembali seperti tahun lalu," sebutnya.

Riza mengatakan, saat tim penilai melakukan verifikasi, agar seluruh pengurus dapat memberikan jawaban yang baik. Tidak perlu ragu dan takut. 

Dalam kesempatan tersebut Riza juga mengingatkan, Senin (10/06/2024) dalam rangka penurunan angka Stunting, akan dilakukan ada pengukuran dan penimbangan balita serentak di seluruh Posyandu di Provinsi Sumut.

"Semoga kegiatan tersebut juga bisa sukses di Pematangsiantar," harapnya.

Acara dimeriahkan dengan penampilan yel yel oleh kader TP PKK Kelurahan Bukit Sofa dan penampilan tarian oleh murid-murid sekolah dasar (SD).

Selain itu, diberikan cenderamata kepada tim monitoring. Dilanjutkan ekspos oleh Ketua TP PKK Kelurahan Bukit Sofa Adelina Parlaungan Pane, dan evaluasi oleh Tim Penilai TP PKK Sumut.

Turut hadir, Ketua TP PKK Kecamatan Sianțar Sitalasari Murni Sahrul Ramadhan Pane, Lurah Bukit Sofa Parlaungan Pane,  Forkopimca Sianțar Sitalasari, Kepala Puskesmas Bah Kapul dan Gurilla, tokoh TP PKK Kota Pematangsiantar BPG Silitonga, dan para kader TP PKK. 

Monitoring oleh Tim Penilai TP PKK Provinsi Sumut juga berlangsung di kelurahan dan kecamatan lain di Kota Pematangsiantar. Seperti, penilaian Hatinya PKK di Kelurahan Aek Nauli Kecamatan Sianțar Selatan; Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di Kelurahan Bah Kapul Kecamatan Sianțar Sitalasari; Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) di Kelurahan Timbang Galung Kecamatan Sianțar Barat; dan IVA Test di Kecamatan Sianțar Martoba. (mar)

Komentar Anda

Terkini