-->

Masa Orientasi 50 Anggota DPRD Medan Hamburkan Anggaran

Selasa, 01 Oktober 2019 / 19.11
Gedung DPRD Medan. Ft/maria
MEDAN, KLIKMETRO - Pengamat anggaran, Elfenda Ananda buka suara mengenai kegiatan masa orientasi kepada 50 anggota DPRD Medan periode 2019-2024 di Hotel The Hill Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, 1 - 4 September 2019. Menurutnya, tidak ada urgensi pelaksanaan masa orientasi dilakukan di luar Kota Medan. Ia menilai gedung DPRD Medan memiliki kapasitas yang cukup untuk menggelar kegiatan tersebut.

"Untuk apa minta gedung mewah tapi tidak dimanfaatkan. Lagipula pembekalan anggota dewan ini sebenarnya menjadi tugas Partai Politik. Bisa dibayangkan kalau 5 tahun nanti mereka akan melakukan berbagai agenda bimtek berkali kali hingga 5 tahun," ujarnya, di Medan, Selasa (1/10/2019).

Dikatakan Elfanda, lembaga DPRD itu bukan sekolah yang memberikan pendidikan dan pembekalan sama anggota dewan. Jangan wakil rakyat tersebut menganggap jadi anggota DPRD itu sekolah tempat belajar buat Peraturan Daerah (Perda), belajar memahami fungsi anggaran dan belajar bagaimana mengawasi Perda.

"Harusnya Parpol sudah menyiapkan mereka dengan kesiapan memahami tuga fungsi yakni fungsi legislasi, pengawasan dan budgeting. Bukan malah di DPRD tempat belajar," ketusnya.

Dilanjutkan Elfanda, sebenarnya anggota DPRD itu penting diberi pemahaman bahwa mereka dipilih dan duduk di DPRD dengan gaji, tunjangan dan fasilitas lainnya untuk kepentingan rakyat. Sebab, mereka digaji tersebut dari uang rakyat lewat pajak, retrebusi dan sebagainya dari keringat rakyat.

Soal adanya ketertutupan nilai anggaran pelaksanaan orientasi tersebut, Elfanda mengungkapkan, akan menjadi awal pintu korupsi. "Jangan menyebut bahwa oritensi akan menghadirkan narasumber dari KPK, tapi dalam praktek penganggaran tertutup. Kita dorong narasumber KPK untuk membuka pembiayaan orientasi termasuk sisi manfaat dan kewajiban Parpol," tegasnya.

Untuk diketahui, 50 anggota DPRD Medan melaksanakan masa orientasi selama 4 hari (1-4 oktober) di The Hill Hotel, Deliserdang, 
Komentar Anda

Terkini