79 Tahun Terpisah, Dua Bersaudara Akhirnya Bertemu Kembali

Selasa, 10 April 2018 / 15.19
Que Bamei (ka) bertemu kembali dengan adiknya Que Qijie setelah 79 tahun. (Foto: Xinhua)
DENGAN berlinang air mata, Que Bamei memeluk erat kakak perempuannya yang telah hilang kontak selama 79 tahun. Keduanya terpisah di tengah kekacauan yang terjadi saat invasi Jepang ke China.

Que yang saat ini berusia 87 tahun lahir di dalam sebuah keluarga besar di Qinzhou sebelah selatan daerah otonomi Guangxi Zhuang, China. Ketika Jepang menginvasi Qinzhou pada 1939, Que yang berusia delapan tahun dipisahkan dari delapan saudara kandungnya dan mengikuti anggota keluarga lainnya untuk melarikan diri ke Provinsi Guangdong yang berdekatan.

Dia kemudian diadopsi oleh sebuah keluarga di Zhanjiang, Guangdong, dan tidak pernah kembali ke kampung halamannya atau bertemu dengan keluarga lain sejak saat itu.

Beberapa puluh tahun kemudian, kenangan Que tentang kampung halamannya memudar menyisakan gambar-gambar buram salah satunya adalah "sebuah halaman besar dengan kolam di depan, di samping kolam adalah makam kakek.”

Meski begitu, keinginan Que untuk kembali mengunjungi kampung halamannya dan menemui saudara-saudaranya tetap ada dan semakin kuat seiring berjalannya waktu.

Straits Times, Selasa (10/4/2018) mewartakan, pada Februari, Que menjalani operasi pengangkatan batu empedu dan sering berbicara tentang keinginannya untuk kembali ke kampung halamannya. Huang Guangpeng cucu Que yang berusia 33 tahun memutuskan untuk membantunya memenuhi keinginan sang nenek.

Dia menggunakan platform amal online, Baobei Huijia (bayi pulang ke rumah), yang didedikasikan untuk membantu orang untuk bersatu kembali dengan kerabat lama mereka yang hilang. Dengan informasi terbatas dari Que, sukarelawan di platform tersebut mengalami kesulitan untuk mencoba mencari desanya.

Que yang buta huruf, tidak yakin tentang karakter yang digunakan dalam nama keluarganya dan awalnya menyebutnya sebagai karakter "Ji". Tetapi para sukarelawan mendapat informasi bahwa tidak ada orang dengan nama keluarga tersebut di daerah itu.

Setelah mencari beberapa saat, para relawan menemukan sebuah keluarga dengan nama "Que", yang memiliki pelafalan yang mirip dengan "Ji" menurut dialek lokal.

Para relawan menyelidiki lebih lanjut dan mengonfirmasi bahwa Que lahir di Desa Dashigu, Kota Shabu, Distrik Qinnan. Ayahnya, Que Mingguang, seorang perwira, tewas dalam pertempuran untuk China dan lima saudara laki-lakinya hilang dalam perang.

Tiga saudara perempuan Que menikah di Qinzhou, dan dua di antara mereka telah meninggal. Tapi saudara tirinya, Que Qijie masih hidup.

Sebelum bertemu langsung, kedua bersaudara itu berbicara melalui video. Dengan air mata terurai mereka berjanji untuk bertemu sesegera mungkin. (ok/int)
Komentar Anda

Terkini