Gedung Baru RSU Dr FL Tobing Sibolga Segera Dibangun

Minggu, 01 April 2018 / 15.24
SIBOLGA, KMC - Meresmikan pembangunan Gedung Baru RSU Dr FL Tobing Kota Sibolga, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr HT Erry Nuradi menuai pujian dari pemerintah setempat. Pasalnya, selain alokasi bantuan di APBD Provinsi, juga upaya mendorong anggaran dari APBN mendapat apresiasi penuh Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk.

Gubsu Erry menyampaikan, kehadiran Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) di acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Baru RSU Dr FL Tobing Sibolga adalah dalam rangka memberikan dukungan kepada walikota dalam membangun fasilitas kesehatan andalan warga setempat, serta daerah kabupaten sekitar.

"Karena kondisinya (RSU Dr FL Tobing) secara fisik memerlukan renovasi total. Rumah Sakit ini bukan hanya untuk Sibolga saja, tetapi juga tetangga, seperti pada saat terjadinya bencana tsunami di Nias, 2014 silam," ujarnya di acara Peletakan Batu Pertama, sekaligus juga Penandatanganan Prasasti Peresmian Ruang Hemodialisa RSU Dr Ferdinand Lumbantobing, KSO PT Tirta Medika Jaya, Sabtu (31/3/2018).

Rumah sakit sebagai fasilitas kesehatan dalam mendukung pembangunan menurutnya, harus memiliki peralatan yang mengikuti perkembangan zaman. Termasuk juga dokter dan tim medis yang perlu meningkatkan kualitas pelayanannya. Apalagi, khusus untuk layanan hemodialisa, setiap tahunnya mengalami peningkatan jumlah pasien di rumah sakit ini.

"Kami berkomitmen akan memberikan bantuan, dimana Tahun Anggaran 2018 (APBD Sumut) dialokasikan sebesar Rp20 Miliar. Bahkan untuk pantai Barat, Tapteng juga mengajukan bantuan untuk infrastruktur jembatan penghubung beberapa desa di Kecamatan Barus. Permohonan ini kami realiasasi Rp54 Miliar. Semoga bermanfaat bagi masyarakat," sebut Erry, didampingi Ketua TP PKK Sumut Evi Diana Sitorus.

Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk menyampaikan rencana peningkatan fasilitas RSU Dr FL Tobing telah dinantikan sejak lama, tepatnya ketika terjadi bencana tsunami di Nias belasan tahun lalu. Saat itu, rumah sakit tersebut  menjadi rujukan tingkat  regional. Namun hal itu baru bisa terlaksana khususnya untuk pembangunan gedung baru, melalui alokasi anggaran di APBD Sumut 2018, sebesar Rp20 Miliar lebih.

"Target kami pembangunan ini selesai 2021. Kami juga akan upayakan dana bantuan dari pusat (APBN), melalui bantuan dari Pak Gubsu yang mendorong. Saat ini kita sudah dapat Rp31 Miliar untuk alat-alat kesehatan (alkes), berkat upaya Gubernur juga," sebutnya.

Dimulainya pembangunan fasilitas kesehatan ini lanjut Syarfi, diharapkan menjadi kerja nyata yang dapat membawa perubahan mendasar di Kota Sibolga.

Sementara dalam rencana itu, Dirut RSU Dr FL Tobing Sibolga Marsin Sarumpaet menyampaikan, tujuan pembangunan gedung baru diantaranya untuk mengubah citra tentang rumah sakit pemerintah yang masih kurang baik. Sehingga, meskipun tantangannya berat, pihaknya tetap ingin melangkah untuk maju.

"Ini inisiasi dari Bapak WaliKota Sibolga. Alhamdulillah rencana ini disambut baik Pak Gubernur. Karenanya kami berterima kasih kepada Pak Gubernur yang mengalokasikan APBD provinsi untuk pembangunan RSU Dr FL Tobing ini," sebutnya.

Usai peletakan batu pertama dan penandatanganan prasasti peresmian ruang hemodialisa (cuci darah) rumah sakit tipe B itu, Gubernur pun melihat maket pembangunan gedung baru RSU Dr FL Tobing dan mendegarkan penjelasan konsep dan skema pembangunan tersebut.

Hadir pada kegiatan itu, Wakil Walikota Sibolga Edi Polo Sitanggang, Bupati Tapteng Bakhtiar Sibarani, Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul, Ketua TP PKK Sibolga dan Tapteng, serta unsur FKPD Sibolga dan Tapteng, tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemuda. Sementara Gubernur didampingi Kabiro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Ilyas Sitorus, Kabiro Pemerintahan Afifi Lubis serta Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Agus Tripriyono. (mar/rel)

Komentar Anda

Terkini