-->

Pjs Wali Kota Medan Ikuti Rapat Dengan Kepala BNPB Atasi Covid-19

Sabtu, 26 September 2020 / 19.32

Pjs Walikota Medan Ir Arif Sudarto Trinugroho menghadiri rapat pencegahan covid-19 di posko GTPP Sumut.

MEDAN, KLIKMETRO - Selang beberapa jam usai pelantikan,, Pjs Wali Kota Medan Ir Arif Sudarto Trinugroho MT langsung mengikuti rapat Pencegahan Covd-19 di Sumut yang digelar di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Rumah Dinas Gubsu Jalan Sudirman Medan, Jumat (25/9/2020) malam. Rapat yang dihadiri langsung Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo itu memaparkan tentang kondisi pandemi Covid di Sumut saat ini, termasuk Kota Medan serta  upaya yang harus dilakukan untuk segera menanganinya.

Rapat diawali dengan pemaparan kondisi pandemi Covid-19 dengan pemaparan tentang perkembangan  kasus  Covid-19 yang tengah terjadi di Sumut saat ini. Berdasarkan data yang yang diungkapkan Tim BNPB sampai, Rabu (24/9), jumlah kasus aktif sebanyak 3.333 (34,2%), jumlah kasus positif 9.749, jumlah kasus sembuh 6.006 (61,6%) serta jumlah kasus meninggal sebanyak 410 (4,2%). Sedangkan secara nasional, kasus aktif 22,90%, kasus sembuh 73,22% dan kasus meninggal 3,05%.

 

Mengacu data tersebut, Tim BNPB mengungkapkan, jumlah kasus positif Covid-19 di.Sumut mengalami kenaikan sebesar 12,1% pada pekan terakhir. Sedangkan jumlah kasus meninggal mengalami kenaikan sebesar 133,3% pada pekan terakhir. Jumlah kematian  kumulatif terbanyak di Kota Medan yakni 220, Deli Serdang (50), Tanah Karo (15), Binjai (13) dan Simalungun (12).

 

Terkait itu dalam rapat yang berlangsung hingga tengah malam dan  dihadiri Gubsu Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, unsur Forkopimda Sumut, OPD terkait serta Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Munardo mengatakan, komitmen semua saat ini adalah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

 

"Salus populi suprema lex esto artinya keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi. Pelayanan terbaik kepada masyarakat ketika negara  hadir untuk menyelamatkan jiwa manusia," kata Doni Monardo seraya menegaskan penanganan Covid-19 tidak akan selesai jika tidak mampu membangun kebersamaan.


Usai rapat, Pjs Wali Kota Medan Ir Arif S Trinugroho MT menyikapi pandemi Covid-19, terutama di Kota Medan, mengatakan,  segera dilakukan percepatan penanganan karena sekitar 50%  kasus Covid-19 di Sumut disumbang Kota Medan sehingga Sumut menempati peringkat 7 secara nasional. "Jika kita mampu menekan angka Covid-19 di Kota Medan, tentunya kasus Covid-19 di Sumut juga akan berkurang," jelas Pjs Wali Kota. (rel)

Komentar Anda

Terkini